Daerah

Anak Trash Warrior Bersihkan Tepi Sungai dan Tanam Pohon Upakara


Gianyar, PancarPOS | Upaya meningkatkan kebersihan lingkungan di wilayah banjar atau desa komunitas yang di kenal dengan Trash Warrior yang terdiri dari kumpulan anak-anak yang terbentuk di Desa Singapadu, Gianyar ini kian aktif melaksanakan aksi bersih lingkungan setiap minggunya. Tujuan utama dari terbentuknya komonitas ini dari berawal pembersihan sampah sampah platik yang tidak terurus di wilayah lingkungan tempat tinggalnya. Trash Warior yang terbentuk di Banjar Abasan Singapadu Tengah di bawah binaaan Seke Teruna Bhina Eka Budhi Singapadu hingga kini masih aktif melakukan kegiatan bersih bersih lingkungan banjar di bawah koordinator, I Wayan Widhi, selaku ide utama pembentukan komunitas ini.

1th#ik-11/10/2020

“Sedih melihat anak-anak buang sampah sembarangan. Trus saya ingin merubah kebiasan anak-anak supaya peduli sama lingkungan sekitar mulai dari rumah sekolah dan lingkungan sekitar. Karena sampah plastik tidak bisa diuraikan. Pertama saya kasi tahu bahwa sampah plastik sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Saya perlihatkan mereka video di youtube tentang bahaya membakar sampah plastik Bagi kesehatan manusia. Setiap hari minggu pagi anak dan seke teruna secara spontanitas datang kerumah dan memanggil saya untuk bersih bersih lingkungan,” katanya, Minggu (18/10/2020).

Pada tahun 2018, dikatakan mereka belum 100 persen paham tentang bahaya dari sampah plastik, hingga seke teruna di tahun 2019 membuat seminar-seminar kecil mengenai sampah dan penangulangannya. “Mudah mudahan mereka konsisten dengan apa yang sudah di lakukan selama ini. Saya berharap sekali anak anak ini kelak mempunyai karakter yang baik,” ujar pria yang akrab dipanggil Wayan Celepuk ini. Pembersihan sampah plastik hingga Minggu 18 Oktober 2020 ini, juga melakukan penanaman pohon upakara di tepi sungai dengan tujuan perindang dan pemanfaatan untuk upakara di kemudian hari.

2mg#bn-7/10/2020

I Nyoman Suciartha selaku Kepala Dusun Banjar Abasan sangat mengapresiasi kegiatan seke teruna dan anak anak Trash Warrior ini, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bermanfaat bagi anak cucu di kemudian hari. “Saya berterimakasih kepada pengagas ketua seke teruna, Wayan Balik Widiartha dan Bapak Rai Waisnawa sudah mengkordinir kegiatan cinta alam seperti ini. Pada saat gotong royong seperti ini saya juga tekankan terapkan protokol kesehatan, agar imun dapat meningkat dan kita sehat,” harapnya. ipo/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close