Daerah

Layanan Samsat Tabanan Terbaik di Bali, Sang Inovator Berikan Reward Seluruh Stakeholder

Capaian IKM 88,55, Kunci Sukses Konsep Lascarya


Tabanan PancarPOS | Sebagai wujud kepedulian dinas kepada pegawai yang berdedikasi baik dan berprestasi dalam kinerjanya, Kepala UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan (Samsat Tabanan) I Ketut Sadar, S.Sos.,M.H, kembali menyerahkan piagam penghargaan kepada Kasatlantas Tabanan bersama seluruh staf yang bertugas di Kantor Samsat Tabanan, beserta Koordinator Bank BPD Bali Cabang Tabanan, Koordinator Jasa Raharja, Gerai dan Link, serta seluruh satuan pengaman di halaman Kantor Samsat Tabanan, pada Selasa April 2024 pukul 07.30 WITA. Selain itu, penghargaan jug diberikan kepada pegawai kantor Samsat Tabanan yang dinilai betul betul berprestasi dan berdedikasi tinggi dalam pelaksanaan tugas pelayanan. Berdasarkan surat keputusan kepala UPTD pelayanan pajak dan retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan Nomor B.32.800/1.12.8/710/TU/UPTD.PPRD.TBN tentang penetapan nama-nama penerima piagam penghargaan kepada pihak Kepolisian sebanyak 22 orang, Bank BPD Bali Cabang Tananan sebanyak 6 orang, Jasa Raharja sebanyak 4 orang, non ASN sebanyak 5 orang, dan satuan pengaman sebanyak 5 orang.

Kepala Samsat Tabanan, I Ketut Sadar, S.Sos.,M.H, kembali menyerahkan piagam penghargaan kepada Kasatlantas Tabanan, bersama stakeholder terkait yang bertugas di Kantor Samsat Tabanan. (foto: ist)

Penyerahan penghargaan ini dilakukan, saat pelaksanaan apel pagi, berkat terwujudnya layanan super cepat Sang Inovator Samsat, sehingga memberikan reward kepada seluruh stake hblder terkait di Samsat Tabanan. Selaku inovator Samsat, Ketut Sadar mengakui pemberian reward, juga sebagai motivasi bagi pegawai agar semakin meningkatkan kinerjanya. Di samping itu, untuk memacu pegawai lainnya agar selalu berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya. Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala Kantor Samsat Tabanan bahwa, capaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Samsat Tabanan mencapai 88,55 dengan kategori Sangat Baik pada tri wulan l tahun 2024. “Hal ini tentu perlu kami berikan apresiasi terhadap ASN dan non ASN Samsat yang telah memberikan pelayanan dengan ketulusan hati, dedikasi, dan disiplinnya yang tinggi dalam melaksanakan tugas melayani wajib pajak dengan kualitas layanan yang terus meningkat. Seperti apa yang diwacanakan sebelumnya agar semua pegawai Kantor Samsat Tabanan memberikan pelayanan dengan Lascarya, atau Ikhlas, Lancar dan Terpercaya,” ujarnya.

Disampaikan, keberhasilan nilai IKM yang tinggi ini, tidak lepas dari peran serta keseluruhan team work mulai dari satuan pengamanan, cleaning servis, staf, hingga para Kasi Samsat Tabanan. Demikian pula berkat sinergisitas dengan personil Satuan Lalu lintas yang bertugas di Kantor Samsat Tabanan, Jasa Raharja dan pihak Bank BPD Bali yang ditunjuk untuk memberikan pelayanan kepada para wajib pajak kendaraan bermotor. “Dalam kesempatan ini, saya sampaikan terimakasih kepada semua stakeholder terkait. Demikian pula kepada masyarakat wajib pajak di Kabupaten Tabanan yang telah dengan kesadaran tinggi melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” katanya, seraya menuturkan akan terus melakukan peningkatan pelayanan. Samsat Tabanan telah melakukan survey kepuasan masyarkat sesuai dengan Permenpan No 14 Tahun 2017 (SKMI per tri wulan kepada masyarakat. Survey dilaksanakan dengan cara membagikan QR code (barcode) secara digital kepada masyarakat wajib pajak yang melakukan proses pembayaran pajak kendaraan bermotor ke kantor samsat Tabanan.

1bl#ik-016.1/3/.2024

“Seperti dari TNI POLRI karyawan swasta, pegawai negeri, dan wiraswasta, untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat berupa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM, red),” bebernya. Sebagai lemimpin yang transgloba leadership, yaitu pemimpin yang mempunyai inteligensia global, budaya spiritual dan bisnis, Ketut Sadar, pada acara penyerahan reward tersebut tetap memberikan ruang dan kesempatan bagi pegawai yang belum mendapatkan, untuk segera bisa menyesuaikan diri. Apalagi reward ini, sangat penting bagi pegawai untuk jenjang karir, karena keberhasilan mendapatkan nilai tentang kinerja tergantung dari diri sendiri. Apalagi apa yang dikerjakan dengan baik dan disiplin yang bagus tentu hasilnya saudara mendapatkan yang baik. Mengingat disiplin adalah salah satu dari kunci sukses, sehingga harus terus tingkatkan.

“Kinerja saudara untuk melayani masyarakat. Kecanggihan teknologi transpormasi dan informasi pada era digital 4.0 saat ini. Samsat Tabanan telah menggunakan semua sistem digitalisasi. Silahkan semua pegawai agar melakukan hal hal terbaik sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh satuan atas,” pungkas birokrat yang juga aktif menekuni dunia spiritual, sehingga akrab dikenal Jero Gede Pacung ini. tim/ama/kel

Baca Juga :


Back to top button