Politik dan Sosial Budaya

Paket Jaya-Dirga Dapat Lampu Hijau, Simpatisan Pertama Ambil Formulir


Tabanan, PancarPOS | Setelah rapat DPC yang diperluas dengan PAC PDI Perjuangan se-Kabupaten Tabanan, pada Jumat, 19 April 2024 lalu, salah satu nama yang muncul I Made Dirga yang diusulkan sebagai bakal calon Wakil Bupati Tabanan. Made Dirga diberikan sinyal untuk maju berpasangan dengan Komang Gede Sanjaya yang dengan bulat diusulkan sebagai calon tunggal Bupati Tabanan, pada Pilkada serentak tahun 2024.

Setelah mendapat lampu hijau berpasangan dengan Sanjaya, pada Senin (22/4/2024), salah satu simpatisan kader senior PDI Perjuangan Tabanan, I Made Dirga yang pertama kali mengambil formulir penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan untuk Pilkada 2024. Simpatisan itu datang ke DPC PDI Perjuangan Tabanan sekitar pukul 13.00 WITA untuk mengambil formulir tersebut.

1bl#ik-016.1/3/.2024

Belum diketahui dengan pasti, apakah pengambilan formulir tersebut bertujuan untuk pendaftaran sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati. Yang jelas, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tabanan, I Nyoman Arnawa alias Komet mengkonfirmasi pengambilan formulir penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati oleh simpatisan Dirga yang saat ini berstatus sebagai Ketua DPRD tersebut.

“Entah siapa namanya, yang jelas anak buahnya yang mengambil tadi kurang lebih sekitar jam 1 siang,” ujar Arnawa saat dikonfirmasi. Ia menjelaskan, pihaknya masih membuka ruang bagi kader-kader lainnya untuk mengambil formulir bakal calon bupati dan wakil bupati setidaknya sampai 27 April 2024 mendatang. “Kami tunggu. Bagi kader-kader yang mau mendaftarkan diri atau dicalonkan saya tunggu untuk ambil formulir. Karena setelah ini kami akan meneruskan ke DPD kemudian DPP,” sebutnya.

1th#ik-014.25/2/2024

Nantinya, sambung dia, nama-nama yang mendaftarkan diri atau didaftarkan tersebut tidak akan dibahas lagi ke dalam rapat pleno. Melainkan akan langsung diteruskan ke DPD untuk diserahkan ke DPP. “Tugas kami cuma menjaring. Keputusannya tetap ada di DPP,” tegasnya. Menurutnya, selain simpatisan Dirga, pengambilan formulir juga akan dilakukan oleh I Made Edi Wirawan yang saat ini berstatus sebagai Wakil Bupati Tabanan.

“Tadi saya dapat info, anaknya yang akan mengambil (formulir) besok,” ungkap Arnawa. Selain Dirga dan Edi Wirawan, Arnawa menyebut sejauh ini belum ada informasi kader lainnya yang akan mengambil formulir. “(Kader lain) belum ada info,” sebutnya. Namun anehnya, Made Dirga yang dikonfirmasi soal pengambilan formulir untuk dirinya mengaku tidak mengetahui hal tersebut. Ia menegaskan, secara pribadi dirinya tidak ada memberikan arahan apapun kepada simpatisannya untuk mengambil formulir.

1th#ik-072.21/8/2023

“Mungkin itu tanpa ada koordinasi dengan saya. Saya santai saja. Saya tidak ada memberikan arahan seperti itu,” tegasnya, saat dihubungi terpisah awak media. Pun demikian saat namanya muncul dalam rapat pleno penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di DPC PDI Perjuangan Tabanan beberapa waktu lalu. “Saya tidak ada ikut rapat cabang karena tugas ke Jakarta. Katanya namanya saya dimasukkan. Tapi yang namanya aspirasi kan susah juga kalau melarang. Saya maunya, kita nyaman dan partai besar,” tandasnya.

Seperti diketahui dari sejumlah sumber menyebutkan, Made Dirga yang akan digadang-gadang menjadi bakal calon Wakil Bupati Tabanan sesuai dengan skenario lama yang dirancang sejumlah pentolan Banteng dari gerbong kubu Sanjaya. Kabarnya, setelah Dirga diusung dengan paket Jaya-Dirga pada Pilkada Tabanan tahun 2024, maka posisinya sebagai Ketua DPRD Tabanan akan diisi langsung oleh I Nyoman Arnawa alias Komet. Bagi-bagi jabatan ini, sebenarnya sudah lama dirancang, sehingga Wakil Bupati Tabanan, I Made Edi Wirawan hingga saat hingga tidak pernah diberikan peran apapun, terutama dalam Pemerintahan Jaya-Wira.

1bl#ik-019.1/4/2024

Namun sayangnya, baik kader maupun elit partai di intenal PDI Perjuangan tidak ada yang berani buka mulut, karena takut terkena imbas korban politik. Bahkan, sumber itu juga menyebutkan banyak kader Banteng senior yang ingin maju menjadi Bupati Tabanan, salah satunya I Nyoman Mulyadi alias Beruk. “Man Mul (Nyoman Mulyadi) juga maju jadi bupati (Tabanan, red),” ungkap Sumber itu, meminta namanya tidak disebutkan. Selain itu, Gede Made Dedy Pratama yang juga anak mantan Bupati Tabanan dua periode, I Nyoman Adi Wiryatama dan adik mantan Bupati Tabanan dua periode, Ni Putu Eka Nurcahyadi, juga menyatakan siap maju Tabanan 1. “Siap maju, kalau ada penugasan saya siap,” tegas Dedy belum lama ini. gga/ama

Baca Juga :


Back to top button