Teknologi dan Otomotif

Naik Motor Saat Angin Kencang, Wajib Perhatikan Ini Agar Selalu #Cari_Aman


Denpasar, PancarPOS | Kondisi ekstrem dan angin kencang perlu diwaspadai oleh pengendara karena akan membahayakan bahkan bisa beresiko kecelakaan. Penting untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan atau yang mungkin bisa terjadi selama kondisi cuaca buruk sehingga bisa tetap berkendara dengan aman. angin kencang juga bisa mengganggu konsentrasi pengendara, sehingga meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan.

1th#ik-014.25/2/2024

Untuk memastikan keselamatan saat dijalan raya, Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius memberikan beberapa yang wajib diperhatikan agar tetap aman sampai tujuan. Prediksi bahaya Wajib untuk menganalisa jalan yang akan dilewati apakah banyak pohon yang mudah patah terkena angin atau benda – benda yang mudah terbang kena angin dan memperkiraan kecepatan angin, apabila terlalu kencang dan sepeda motor tidak kuasa untuk menahan maka keputusan yang paling baik adalah berhenti sejenak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Carilah tempat teduh atau tempat istirahat sejenak sehingga merasa aman saat terpaan angin semakin kencang. Kalaupun tetap berkendara tetap waspada dan menjaga keseimbangan.

Gunakan Safety Gear
Persiapan berkendara dengan melengkapi diri mulai dari safety gear (jas hujan model 2 piece, helm dengan visor bening, jaket, sarung tangan, dan Sepatu). Penggunaan ini akan membantu untuk melindungi pengendara saat berada dijalan raya dengan kondisi ekstrim, jangan menggunakan jas hujan tipe one piece yang tidak stabil saat terkena angin.

1bl#ik-016.1/3/.2024

Pastikan kondisi Motor Baik
Sebelum menggunakan sepeda motor, pastikan juga kondisi motor dalam keadaan baik, mulai dari sistem pengeremannya, kondisi ban, lampu berfungsi dengan baik, kondisi cover-cover motor dalam keadaan baik. Disarankan untuk rutin melakukan perawatan sepeda motor Honda ke AHASS.

Jaga Jarak Aman
Penting untuk memperhatikan jarak dan kondisi dijalan raya, prediksikan jarak yang aman dengan keputusan mengurangi atau menambahkan kecepatan . Berkendara dalam kondisi angin kencang pandangan harus focus untuk bisa menentukan jaga jarak yang aman Kenali arah angin, jika angin berhempas dari sisi depan atau belakang, kemungkinan pengendara akan terhempas sedikit, mesti waspada dan jaga keseimbangan.

1th#ik-072.21/8/2023

Tidak dipungkiri cuaca yang tiba-tiba berubah tidak bisa diprediksi, agar selamat hingga tujuan tetaplah #Cari_Aman dengan menjalankan safety riding yang baik saat mengendarai sepeda motor, jangan egois dijalan raya, perhatikan pengendara yang lain sehingga tujuan untuk selamat berkendara dimulai dari diri sendiri,” tutup Yoyo. uni/ama

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button