Politik dan Sosial Budaya

Sambangi Banjar Penarukan Bantas, Made Urip Sebar Implementasi 4 Pilar Kebangsaan


Tabanan, PancarPOS | Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., selaku salah satu Anggota MPR RI kembali memberikan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Banjar Penarukan Bantas, Desa Penarukan, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, pada Kamis malam (18/5/2023). Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akrab disapa M-U ini, sengaja terjun untuk mengingatkan kembali pemahaman nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat.

1th#ik-039.15/5/2023

Kunjungan kerja Made Urip yang kini masih menjabat sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan yang kali ini membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu, disambut hangat oleh tokoh masyarakat bersama krama banjar, beserta Sekehe Teruna Teruni (STT) di Banjar Penarukan Bantas. Pada kesempatan itu, juga kembali dihadirkan tiga narasumber dari kader lumutan PDI Perjuangan, yakni I Gede Suamba, beserta I Wayan Gunadi dan I Nyoman Kartika.

Salah satu peserta yang juga Ketua STT Putra Satria, I Wayan Gede Galang Kusuma Artha mengakui kehadiran Made Urip sangat tepat memberikan pemahaman 4 Pilar Kebangsaan bagi generasi muda. Sosalisasi ini memberikan pembelajaran kembali 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat. “Saya harap acara ini digelar rutin, agar tahu lebih dalam 4 Pilar Kebangsaan,” katanya. Peserta lainnya, Ni Made Rosalia Dwi Adnyani menambahkan sangat terkesan dengan sosialisasi ini, agar bisa mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan di masyarakat.

1bl#ik-016.4/4/2023

“Sosialidasi ini bisa menguatkan kita kembali sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya. Sementara itu, Kelian Banjar Penarukan Bantas, I Gusti Putu Suwija Putra mengucapkan terima kasih atas kehadiran Made Urip yang telah lama ditunggu-tunggu masyarakat. Pihaknya berharap sosialisasi ini diikuti dengan baik, sehingga bisa mengamalkan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan. “Kami mengucapkan terima kasih, sekaligus berharap agar sosialisasi yang diberikan oleh Bapak Made Urip ini bisa bermanfaat bagi masyarakat kami,” ujarnya.

Panitia Karya lan Pemelaspasan Saren Gong Banjar Penarukan Bantas, I Gusti Putu Sujana menyampaikan Made Urip sangat rajin turun ke tengah masyarakat, bahkan kali ini menanamkan pemahaman 4 Pilar Kebangsaan. Selain itu, juga selalu mendukung dan memberikan bantuan bagi masyarakat. Karena itu, berkaitan dengan karya kali ini, juga berharap mendapat kembali dukungan Made Urip yang telah terpilih sebagai Anggota DPR RI selama 5 periode dengan suara 255.130 suara terbanyak Dapil Bali dan ranking ke-7 nasional.

1bl#ik-041.14/5/2023

Di sisi lain, Made Urip mengungkapkan bertatap muka untuk menyebarkan kembali pemahaman 4 pilar kebangsaan ke seluruh lapisan masyarakat sampai ke pelosok desa, seperti di Banjar Penarukan Bantas. M-U menyadari semuanya dipastikan telah memahami 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara yang harus dipahami dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, nilai-nilai kebangsaan ini tidak bisa hanya diomongkan saja, namun harus bisa diterapkan sebagai perilaku masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itulah semua elemen masyarakat harus disasar, terutama generasi muda yang akan menerima tongkat estafet kepemimpinan ke depan. Apalagi Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini digagas oleh mantan Ketua MPR RI, Taufik Kiemas (alm) akibat menyadari adanya ancaman bangsa dan negara baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

1bl#bn-29/8/2020

“Saya berharap generasi muda ini bisa kembali membaca buku yang sudah dibagikan, agar bisa mengingatkan kembali untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan ini di tengah masyarakat,” pungkas M-U. ama/ksm/yar

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button