Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Bersama Pasukan GAMA Perkuat Saksi dan Guraklih Kecamatan Pupuan

Guyur Bantuan Sembako dan Resmikan JUT Subak Abian di Desa Batungsel


Tabanan, PancarPOS | Pasukan GAMA (Ganjar-Mahfud) kembali menggempur Kecamatan Pupuan, Tabanan, pada Rabu, 17 Januari 2024 untuk menemui masyarakat di akar rumput. Tim pemenangan pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud M-D (Paslon Ganjar-Mahfud) ini, Turba atau turun ke bawah melakukan safari dan aktivitas politik, sekaligus meresmikan Jalan Usaha Tani (JUT) Subak Abian di Desa Batungsel, oleh Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., didampingi Caleg DPRD Provinsi Bali nomor urut 3 dari PDI Perjuangan di Dapil Tabanan, Ni Made Usmantari alis M-U. Bantuan program aspirasi JUT yang diperjuangkan M-U tersebut, sudah selesai dibangun sepanjang 700 meter, karena sangat dibutuhkan oleh para petani dan krama subak untuk memudahkan pengangkutan hasil panen produksi pertanian.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., didampingi Caleg DPRD Provinsi Bali nomor urut 3 dari PDI Perjuangan di Dapil Tabanan, Ni Made Usmantari alis M-U, saat meresmikan JUT Subak Abian di Desa Batungsel. (foto: ist)

Pada kesempatan itu, Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga akrab dikenal M-U dengan julukan Wakil Rakyat Sejuta Traktor ini, kembali mengguyur berbagai bantuan sebagai bentuk kepedulian dan berbagi paket Sembako untuk para pengurus Ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Pupuan yang akan menjadi petugas partai sebagai Saksi dan Guraklih (Regu Penggerak Pemilih) dari PDI Perjuangan di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara). Bantuan paket Sembako ini, juga disalurkan untuk diberikan kepada para keluarga yang tidak mampu di masing-masing desa, sebagai bentuk kepedulian PDI Perjuangan bersama Paslon Ganjar-Mahfud terhadap masyarakat, khususnya kaum marhaen atau wong cilik di pelosok desa. Selain itu, mereka diberikan penguatan, berupa pembekalan termasuk pelatihan Saksi dan Guraklih di seluruh Kecamatan Pupuan.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., didampingi Caleg DPRD Provinsi Bali nomor urut 3 dari PDI Perjuangan di Dapil Tabanan, Ni Made Usmantari alis M-U, saat mengguyur bantuan paket Sembako. (foto: ist)

Dalam agenda Penguatan, Pelatihan Saksi dan Guraklih, selain dihadiri Caleg DPRD Provinsi Bali, Ni Made Usmantari, dan Ayu Ayuni, juga nampak hadir Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan, I Gusti Nyoman Omardani, I Gede Purnawan, dan Anak Agung Nyoman Dharma Putra. Dikatakan, Anggota DPR RI terpilih 5 periode dengan 255.130 suara terbanyak di Dapil Bali dan ranking ke-7 nasional itu, mengakui peran penting para Saksi dan Guraklih sangat vital untuk bisa ditugaskan dengan baik di masing-masing TPS, saat Pileg dan Pilpres, pada Rabu, 14 Februari 2024. Dalam pengarahannya kepada peserta pelatihan sebagai Saksi dan Guraklih, Made Urip menegaskan kembali tentang rekrutmen saksi seperti diatur dalam peraturan partai. “Saksi kita (Saksi TPS, red) adalah Saksi permanen. Ini kekuatan kita karena menjadi embrio pergerakan partai hingga tingkat bawah untuk memenangkan Pileg dan Pilpres 2024,,” katanya.

[democracy id=”3″]

Oleh karena itu, pelatihan-pelatihan seperti ini, untuk menyiapkan aset sumber daya manusia atau SDM PDI Perjuangan. Sumber daya manusia partai seperti Saksi dan Guraklih adalah aset penting yang harus dipersiapkan, dididik dan dilatih sejak dini secara terus menerus untuk menghadapi setiap hajatan pesta demokrasi. “Sebab Saksi dan Guraklih adalah pasukan utama partai yang mendulang, mengawal, dan mengamankan suara sebagai kunci kemenangan. Maka harus selalu dilatih dan diperkuat secara terus menerus,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan membidangi Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup tersebut, seraya menegaskan, bahwa sangat penting bagi Saksi dan Guraklih memahami pemetaan politik di daerahnya, seperti memahami masing-masing kandidat yang muncul serta kans dalam memenangkan Pileg dan Pilpres 2024, khususnya untuk memenangkan Ganjar-Mahfud dalam satu putaran.

1th#ik-067.11/8/2023

Pelatihan Saksi dan Guraklih ini, diharapkan dapat menjadi momentum strategis dalam membangun dukungan masyarakat dan memastikan partisipasi yang tinggi dalam proses pemilihan yang akan datang. Untuk itu, politisi senior banteng asal Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan itu, menyampaikan pesan khusus, agar seluruh petugas partai selalu aktif bergerak turun ke masyarakat. M-U menekankan pentingnya mendekati masyarakat dengan cara door to door turun langsung ke akar rumput menyampaikan program-program oleh petugas partai, baik yang ditugaskan di eksekutif maupun legislatif. “Untuk itu bagi kader-kader militan terbaik yang menjadi petugas partai, baik di struktural, maupun yang ditunjuk dan bertugas di eksekutif maupun legislatif, saya minta agar selalu bergerak turun ke masyarakat,” ujarnya.

[democracy id=”4″]

M-U mengatakan, tujuan penempatan Saksi dan Guraklih itu nantinya untuk mengawal agar perolehan suara Pileg dan Pilpres 2024 memenuhi target. Apalagi, nantinya suara Ganjar-Mahfud pada Piplres di Bali ditargetkan sebanyak 95 persen. ‘’Nanti selain Pilpres, juga harus mengawal perolehan suara Pileg,’’ imbuhnya, sekaligus menegaskan saat ini tim pemenangan dari koalisi Ganjar-Mahfud sudah terus bergerak, sehingga pihaknya sangat optimis dengan perolehan target suara itu bisa tercapai dengan tim pemenangan bersama Parpol koalisi ditambah dengan relawan yang sudah ada untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Tentu saja sokongan untuk menggaet pemilih akan semakin tinggi. Optimisme ini lanjutnya, karena Pemilu 2024, suara Capres dan Cawapres tidak tergantung sepenuhnya pada Parpol, melainkan dalam Pilpres rakyatlah yang menentukan siapa pemimpin mereka nanti. ‘’Selain itu, siapa yang tidak tahu dengan kinerja Pak Ganjar dan Pak Mahfud? Pasti masyarakat akan memilih beliau,’’ pungkas M-U. ama/ksm/yar

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button