Politik dan Sosial Budaya

Sebar 1.500 Paket Ikan, Made Urip Perluas Gemarikan di Tabanan


Tabanan, PancarPOS | Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., kembali menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan di Kabupaten Tabanan tahun 2024. Perluasan Gemarikan yang diperjuangkan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan membidangi Pertanian, Lingkungan dan Kehutanan ini, membawa oleh-oleh sekitar 1.500 paket ikan segar dan olahan ikan yang dibagikan secara bertahap masing-masing 500 paket di tiga kecamatan. Safari Gemarikan diawali di Banjar Sema, Kediri, Tabanan, pada Kamis (14/3/2024) dengan bekerja sama Ditjen Penguatan Daya Saing Produk, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang didampingi oleh Caleg DPRD Provinsi Bali newcomer terpilih di Dapil Tabanan, Ni Made Usmantari, SE., alias M-U.

1th#ik-014.25/2/2024

Ni Kadek Juliani, salah satu penerima bantuan paket ikan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Made Urip yang telah berulang kali datang ke Tabanan membawa oleh-oleh berbagai bantuan. Seperti 500 paket ikan yang dibagikan kali ini, untuk meningkatkan nilai gizi dan kesehatan masyarakat Tabanan. “Kami sangat berterima kasih kepada Pak Made Urip bersama KKP yang telah membantu paket ikan yang sangat berguna bagi ibu hamil, karena bergizi tinggi,” ungkapnya. Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan, I Made Suarta mengatakan Made Urip sangat intens sekali membantu masyarakat kecil atau wong cilik di Tabanan. Salah satunya bantuan lewat Gemarikan yang terus dilakukan setiap tahunnya. ” Kami mewakili masyarakat Tabanan, juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Made Urip, dan semoga di tahun berikutnya bisa terus berlanjut,” tutupnya.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., menggelar Safari Gemarikan di Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, pada Jumat (15/3/2024). (foto: ama)

Safari kedua, dilanjutkan ke Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana, Tabanan, pada Jumat (15/3/2024). Kegiatan juga dihadiri Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sudiana alias Gading bersama Camat Marga, beserta Perbekel Desa Marga Dauh Puri dan Desa Marga Dajan Puri. Sebelumnya, para penerima bantuan, juga diberikan edukasi tentang manfaat makan ikan. Seperti diungkapkan Kadis Perikanan Tabanan, Drs. I Gusti Ngurah Agung Suryana berharap kegiatan Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akrab disapa M-U ini, bisa terus berlanjut di masa mendatang. Apalagi Gemarikan ini, dirasakan sangat penting untuk mencegah stunting dan gizi buruk masyarakat, khususnya di Tabanan. Terbukti ikan segar yang dibawa oleh Made Urip ini, bisa meningkatkan derajat kesehatan, khususnya bagi ibu hamil lewat Gemarikan. “Kami harap perluasan Gemarin bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran untuk mendukung Tabanan Era Baru bisa dapat terwujud,” paparnya.

Di sisi lain, Wayan Sudiana mengakui bantuan ikan sehat dan segar dari Gemarikan yang terus digenjot Made Urip ini, sangat luar biasa, karena bisa terus menurunkan angka stunting, khususnya di Tabanan. Safari Gemarikan diakhiri di Desa Subamia, Tabanan yang disambut Anggota DPRD Tabanan Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Widnyana alias Regen bersama Camat Tabanan dan Perbekel Desa Subamia. Apalagi Made Urip selama ini selalu hadir membantu dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di Tabanan, seperti bantuan 500 paket ikan segar dan olahan ikan yang akan disebar untuk warga 4 desa di Kecamatan Tabanan. “Bantuan paket ikan ini sebagai wujud perhatian Bapak Made Urip kepada masyarakat di Tabanan,” tegas Regen.

1bl#ik-016.1/3/.2024

Sementara itu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk KKP diwakili Sofiana Rohayati, S.ST.pi, selaku Analis Pasar Hasil Perikanan Muda menegaskan perluasan Gemarikan ini, untuk meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat dengan mengurangi angka gizi buruk dan stunting. Oleh karena itu, berbagai upaya telah dilakukan salah satunya dengan Gemarikan yang kali ini didukung penuh oleh Made Urip. Terbukti dari tingkat konsumsi ikan yang terus bertambah, atau sekitar 20,73 kg per kapita di Bali dan 17,46 kg per kapita di Tabanan, sehingga derajat kesehatan masyarakat akan semakin meningkat. “Ibu-ibu ini penentunya untuk meningkatkan menu konsumsi ikan di rumah,” tandasnya.

Caleg DPRD Provinsi Bali newcomer terpilih di Dapil Tabanan, Ni Made Usmantari, SE., alias M-U., saat ikut menyerahkan paket ikan di Desa Subamia, Tabanan. (foto: ama)

Made Urip menegaskan tingkatan konsumsi ikan di Tabanan masih harus digenjot sehingga perluasan Gemarikan ini, perlu terus dilanjutkan untuk mencegah gizi buruk dan stunting. Apalagi generasi muda lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang gizinya sangat kurang, sehingga perlu terus menggelontorkan bantuan paket ikan segar termasuk olah ikan di Tabanan. “Mudahan-mudahan bisa bermanfaat untuk menyiapkan generasi yang kuat, sehat dan cerdas ke depannya,” ujarnya. Oleh karena itu, program Gemarikan dilaksanakan untuk memberikan asupan gizi kepada ibu hamil, sehingga melahirkan anak yang sehat, kuat dan cerdas, sekaligus mencegah stunting di Tabanan. “Untuk itulah, sejak dini disiapkan agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan sebagai menu makanan sehari-hari,” ujarnya.

Anggota DPR RI terpilih 5 periode dengan 255.130 suara terbanyak di Dapil Bali dan ranking ke-7 nasional itu, menambahkan perluasan Gemarikan rutin dilaksanakan setiap tahun yang bekerja sama dengan KKP. Sebelumnya juga dilakukan kegiatan Bimtek terkait mutu dan produk olahan ikan untuk mengangkat potensi sektor perikanan di Tabanan. “Kita harus terus mengembangkan produk perikanan di Tabanan, apalagi juga ada tradisi lomba mancing yang butuh banyak ikan, seperti Ikan Lele,” papar M-U. ama/ksm 

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button