Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Sebarkan Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan

Perkuat Rasa Nasionalisme di Desa Mudeh



Tabanan, PancarPOS | Anggota DPR RI selaku Anggota MPR RI, Drs. I Made Urip, M.Si., kembali turun langsung menggemakan pemahaman nilai-nilai kebangsaaan. Kali ini, Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang biasa disapa MU ini, terus menyebarkan “virus-virus” 4 Pilar Kebangsaan dengan menggelar sosialisasi yang dipusatkan di Desa Mundeh, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Jumat (7/2/2020) siang. Pada kesempatan itu, juga hadir Perbekel Desa Mundeh I Nyoman Sukayasa, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Selemadeg Barat Ketut Suka Brata dengan narasumber I Wayan Dika Sumantra, I Wayan Gunadi dan Gede Suamba. Hadir pula ratusan anggota PKK Desa Mundeh, STT dari 8 Banjar se-Desa Mundeh serta anggota Hansip dan krama Desa Mundeh.

Made Urip yang kembali terpilih lima periode di DPR RI itu, menegaskan kehadirannya untuk menjalankan tugas konsitusional sebagai salah satunya tugas Anggota MPR RI untuk mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan sampai ke pelosok desa. Bahkan sosialisasi seperti ini, juga sampai ke luar negeri, seperti di Hongkong, Malaysia hingga Eropa dan Amerika agar bisa terus memahami nilai-nilai kebangsaan ini. “Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan, juga terus menyasar seluruh lapisan masyarakat, seperti ibu-ibu PKK, maupun generasi muda sesuai amanat lembaga MPR RI yang digagas oleh mantan Ketua MPR, Taufik Kiemas, akibat munculnya radikalisme dan terorisme dan intelolerasi, sehingga perlu diperkuat dengan pemahaman 4 Pilar Kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat,” ujar politisi senior dari Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan ini.

Baca |

https://pancarpos.com/19/01/2020/tak-kenal-lelah-made-urip-turba-buka-serentak-dua-lomba-mancing-mania/

Di samping itu, ditambahkan anggota dewan yang dijuluki petani dan krama subak sebagai wakil rakyat “sejuta traktor” tersebut, saat ini negara juga mendapat tantangan terhadap kemajuan teknologi dengan penyebaran informasi yang semakin cepat dan masif yang bisa mengadu domba dan menggoyahkan persatuan bangsa, sehingga perlu penjabaran 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, yakni Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD 1945 sebagai landasan konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. “Inilah yang menjadi pegangan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Made Urip. Di sisi lain, Ketua PKK Desa Mundeh, Sahrini Asih merasa sangat bersyukur, karena Made Urip sudah datang jauh-jauh untuk mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan.

Pemahaman 4 Pilar Kebangsaan dirasakan sangat penting diimplementasikan dan diamalkan oleh masyarakat di Desa Mundeh, khususnya bagi para ibu-ibu PKK dan generasi muda. Apalagi sosialisasi seperti ini sangat perlu dilaksanakan untuk meningkatkan rasa nasionalisme antar seluruh lapisan masyarakat. “Sosialisasi Pak Urip seperti ini, diharapkan terus dilaksanakan kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucap Sahrini, sekaligus mengaku sangat berterimakasih atas kepedulian dan bantuan yang terus diberikan oleh Made Urip selama ini dan sejak dari dulu hingga sekarang untuk meringankan beban masyarakat, terutama para petani dan krama subak di Desa Mundeh, khususnya bagi ibu ibu PKK termasuk para generasi muda milenial. Sementara itu, Nyoman Sukayasa sebagai Perbekel Desa Mundeh juga berterimakasih atas bantuan dan perhatian Made Urip selama ini.

Baca |

https://pancarpos.com/18/01/2020/mu-gempur-kintamani-gelontorkan-bantuan-senilai-total-rp1394-miliar/

Terutama sebagai Anggota MPR RI selalu rajin turun melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, sehingga masyarakat bisa kembali mengingat tentang nilai-nilai kebangsangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. “Pak Made Urip selama ini, juga telah banyak memberi arahan tentang pembangunan di Desa Mundeh, sehingga masyarakat bisa mengimplementisi program yang ada di pusat, khususnya terkait pembangunan yang diarahkan oleh Presiden Jokowi yang dimulai dari desa bisa dilaksanakan dengan baik,” bebernya. Di kesempatan yang sama, Made Urip juga memberikan bantuan dana tali kasih yang diterima PKK dan sekaa teruna dari delapan banjar se-Desa Mundeh, sekaligus menutup agenda sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut. dyn/aka/ama/jmg

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close