Nasional

Organisasi Saya Indonesia Dorong Dunia Adopsi Pancasila sebagai Landasan Perdamaian


Denpasar, PancarPOS | Dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia, Organisasi Saya Indonesia mengajukan pandangan bahwa Pancasila, ideologi dasar negara Indonesia, memiliki relevansi yang sangat penting. Ketua Umum Organisasi Saya Indonesia, Kumar Abhishek, secara tegas menyatakan hal ini dalam sebuah acara di Bali.

1bl#ik-041.14/5/2023

Pancasila, yang berarti “lima asas” dalam bahasa Indonesia, terdiri dari lima prinsip utama yang meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Ideologi ini telah menjadi landasan negara Indonesia sejak kemerdekaannya pada tahun 1945.

Kumar Abhishek menekankan bahwa Pancasila bukan hanya relevan bagi Indonesia, tetapi juga dapat menjadi pedoman bagi negara-negara yang sedang mengalami konflik. Ia menyampaikan bahwa Pancasila adalah sebuah paradigma yang mengedepankan nilai-nilai keadilan, persatuan, dan kemanusiaan yang adil. Dengan mengadopsi Pancasila, negara-negara yang menghadapi konflik dapat membangun fondasi yang kuat untuk mencapai perdamaian dan rekonsiliasi.

1th#ik-039.15/5/2023

Selain itu, Kumar Abhishek juga mengajak dunia untuk melihat Indonesia sebagai contoh yang sukses dalam menerapkan ideologi Pancasila. Dalam sejarahnya, Indonesia telah mengalami berbagai tantangan dan perbedaan yang kompleks, namun berhasil menjaga stabilitas dan persatuan berkat prinsip-prinsip Pancasila. Negara ini telah membuktikan bahwa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, masyarakat dengan latar belakang yang beragam dapat hidup berdampingan secara harmonis.

Organisasi Saya Indonesia berharap agar komunitas internasional dan negara-negara yang sedang dilanda konflik dapat mengadopsi Pancasila sebagai landasan perdamaian mereka. Kumar Abhishek menekankan bahwa dengan menghormati dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, dunia dapat menciptakan masyarakat yang adil, harmonis, dan sejahtera.

1bl#ik-016.4/4/2023

Melalui pandangan ini, Organisasi Saya Indonesia berkomitmen untuk terus mempromosikan Pancasila sebagai sumber inspirasi bagi perdamaian dunia. Dalam upaya bersama, mereka berharap dapat menciptakan dunia yang lebih baik, di mana keadilan dan persatuan menjadi landasan bagi kehidupan bermasyarakat yang harmonis. tim/ama/yar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.