Politik dan Sosial Budaya

Tepat Tumpek Landep, Rochineng Pasupati Lukisan Lima Ajudan Makhluk Gaib


DENPASAR, PancarPOS | Pada Tumpek Landep, Sabtu (18/7) lalu, Anggota DPRD Provinsi Bali Dr. I Ketut Rochineng, SH., MH., alias Rocky’N melakukan ritual pasupati terhadap lima ukisan sosok makhluk gaib di rumahnya kawasan Padangsambian, Denpasar Barat. “Kebetulan lima lukisan ini sudah selesai dikerjakan tiga hari lalu setelah digarap hampir sebulan lamanya. Sekarang hari baiknya (duasa) untuk dipasang sekaligus dipasupati,” kata Rochineng.

1th-ks#1/7/2020

Menurut Rocky’N ada 5 frame berukuran besar yang berisi lukisan sosok makhluk gaib dipasupati. “Ada yang namanya Nengrus, Dewi Cuaca, Ki Harmono, Arga, dan Romo Angker,” sebutnya. Rocky pun mengaku bahwa sosok makhluk gaib tersebut merupakan ajudannya secara gaib alias niskala yang kini ikut menghuni rumahnya sekaligus pengawal pribadinya, bersama anggota keluarga dalam berbagai aktivitas. “Siapa saja mereka (makhluk gaib) tersebut dan bagaimana prosesnya hingga bisa bergabung dengan saya, akan saya ceritakan banyak termasuk tentang makhluk-makhluk gaib lainnya pada kesempatan lain,” ucap anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Rochineng mengatakan lukisan ini dibuat oleh seniman asal Jembrana yang tinggal di Gianyar bernama Gusti Made Adi Kurniawan alias Obi. “Pelukisnya ini hanya memainkan kanvasnya aja, saya yang mengarahkan bagaimana wujud aslinya, seperti yang biasa saya lihat setiap malam,” ujarnya. Dilukis dan dipasangnya sosok makhluk gaib yang menghuni rumahnya ini, kata Rochineng, tujuannya agar hubungan emosional dan bathin tambah melekat lagi. “Kalau selama ini kan tidak kelihatan secara kasat mata, tapi kalau ada wujud seperti ini tentu kita tambah dekat hubunganya dan ikatan bathinnya lebih kuat. Keluarga saya yang lain juga bisa mengetahui wujudnya, bisa membayangkan, bukan hanya lewat cerita seperti yang sering saya ceritakan saja,” kata Rocky.

1th-bn#1/7/2020

Menurutnya, proses bisa berkomunikasi dan melihat makhluk gaib ini melalui proses panjang dengan menekuni aliran ajaran kerohanian sejak tahun 1979 sampai sekarang atau sudah sekitar 41 tahun. “Jadi tidak mudah, ada prosesnya, tidak ujug-ujug bisa seperti ini. Mulai dari penghayatan japa, mantra suci, ngurip aksara, meditasi dan berpuasa, bahkan saya pernah menjalani puasa selama 3,5 bulan tidak makan nasi dan karbohidrat lainnya, hanya daun-daunan seperti daun bayam, daun singkong, daun kelor dan kacang panjang. Sampai badan saya ini dulu kurus kering,” ungkap Rocky.

Di sisi lain, selaku pelukis, Obi mengaku belum pernah mendapatkan pengalaman melukis makhluk alam gaib seperti ini, yang bisa diselesaikan sekitar lima minggu. Untungnya dia mengaku dari awal selama melukis tidak ada gangguang, karena semua berjalan lancar. “Cuma ketakutan tetap ada, karena ketika melukis kan harus konsentrasi. Jadi dunia lain akan kita rasakan. Seperti saat melukis Nengrus sangat dirasakan. Ini pengalaman saya yang paling berbeda dari biasanya,” imbuhnya. tim/jmg

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close