Ekonomi dan Bisnis

Bank Indonesia Sinergi Digitalisasi Desa Wisata Tampaksiring, Beli Tiket Masuk Candi Tebing Gunung Kawi dengan QRIS Bank BPD Bali


Gianyar, PancarPOS | Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan Bank BPD Bali Cabang Gianyar dan Pemerintah Kabupaten Gianyar secara resmi meluncurkan Digitalisasi Desa Wisata Tampaksiring, Gianyar, pada Minggu (18/9/2022). Digitalisasi Desa Wisata Tampaksiring tersebut, ditandai dengan pembelian tiket masuk Candi Tebing Gunung Kawi dengan QRIS Bank BPD Bali, oleh Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono disaksikan Bupati Gianyar yang diwaliki Kadis Pariwisata Gianyar, Ir. I Made Raka, M.Si., bersama Bendesa Adat Gunung Kawi, I Ketut Nuarka, beserta prajuru dan Forum Desa Wisata Provinsi Bali maupun para UMKM mitra binaan Bank Indonesia di Desa Tampaksiring.

1th#ik-14/8/2022

Pada kesempatan itu, Perbekel Desa Tampaksiring, I Made Widana mengucapkan terima kasih kepada BI yang telah memberikan penghargaan sebagai desa wisata, sekaligus meluncurkan Digitalisasi Desa Wisata Tampaksiring dengan QRIS Bank BPD Bali. Diharapkan ke depan, dengan bangkitnya sektor pariwisata bisa membantu perekonomian warga Desa Tampaksiring yang 80 persen bekerja di sektor pariwisata. Apalagi di saat pandemi merasa kehilangan, sehingga sangat membutuhkan dukungan pemerintah bersama BI dan Bank BPD Bali, agar bisa terus bersinergi sebagai desa binaan melalui desa wisata. “Ke depan, agar kami bisa menjadi desa wisata yang mandiri dengan potensi, seperti tebing dan kawasan spiritual serta subak sebagai warisan budaya dunia,” ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM Binaan BI, Wiraka Jana menyampaikan Desa Wisata Tampaksiring sebagai desa kreatif yang mempunyai potensi yang otentik, seperti kerajinan tulang dan batok kelapa. Karena itu, digitalisasi Desa Wisata Tampaksiring sebagai inovasi untuk mengembang potensi desa wisata di Desa Tampaksiring selama ini, karena semua usaha membutuhkan sentuhan digital. “Namun yang terpenting sekarang semua sudah digitalisasi dengan QRIS Bank BPD Bali. Ayo anak muda bangkitkan industri kreatifnya dengan digitalisasi ini ke depan. Karena itu, kami mengucapkan terimasih atas inovasi yang diberikan untuk kolaborasi Desa Wisata Tampaksiring,” tandasnya.

12th#ik-1/8/2022

Di sisi lain, Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono mengaku sangat bangga dengan potensi Desa Wisata Tampaksiring, sehingga sangat bersyukur sejak KTT G20 kembali pulih, sehingga terus mendorong desa wisata di Bali. “Kita harus terus dorong, sehingga semua event harus berlangsung di Bali. Seperti pertama kali datang ke sini, ternyata subak-subaknya sebagai warisan dunia. Jadi kita patut bersyukur desa wisata kembali normal dan BI akan terus membantu desa wisata seperti di Desa Tampaksiring ini,” paparnya, seraya sangat mengapresiasi digitalisasi Desa Wisata Tampaksiring, terutama pembayarannya dengan QRIS yang ke depan juga ada cross-border yang bisa digunakan langsung oleh wisata asing tanpa harus menukarkan mata uang untuk pembayaran menggunakan layanan non tunai, seperti QRIS Bank BPD Bali.

Apalagi Bank BPD Bali sebagai satu-satunya bank daerah yang telah mampu memberi layanan transaksi dengan QRIS cross-border. “Kalau bisa semuanya gunakan QRIS, agar bisa mempercepat pemulihan pariwisata Bali,” harapnya. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close