Ekonomi dan Bisnis

Kadin Denpasar Cetak Pengusaha Jadi Tuan Rumah, Bukan Penonton


Denpasar, PancarPOS | Putu Arnawa dikukuhkan dan dilantik sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Denpasar Periode 2020-2025 oleh Ketua Kadin Bali Made Ariandi. Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan serta Pengurus Kadin Kota Denpasar Periode 2020-2025 ditandai dengan penyerahan bendera Pataka di Denpasar, Jumat (9/4/2021). Pada kesempatan itu hadir Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa yang mengharapkan Kadin Denpasar dapat ikut serta berperan dalam pembangunan kota Denpasar.

1bl-bn#5/1/2020

Kadin Denpasar dapat menangkap peluang dalam mewujudkan Denpasar Smart City maupun Smart Heritage, termasuk penggunaan e-market place. Upaya itu, untuk memfasilitasi produk UMKM Denpasar bisa go internasional yang menyasar pangsa pasar ekspor. Potensi tersebut dapat menggerakkan ekonomi Denpasar, pasca pandemi Covid-19 yang telah merontokan perekonomian yang selama ini dominan bidang pariwisata. Sementara itu, Ketua Kadin Bali Ariandi mendorong Pemerintah Denpasar melibatkan para pengusaha dari anggota Kadin dalam setiap pembangunan.

Upaya itu dalam memastikan pengusaha Kadin Denpasar dapat ikut serta memberikan andil dalam setiap pembangun sehingga pergerakan ekonomi bisa dirasakan langsung oleh masyarakat lokal. “Jangan sampai Kadin sebagai tuan rumah tapi jadi penonton,” ujarnya. Kadin Bali telah memprogramkan pengembangan arak dari nanas Denpasar yang sudah siap diekspor ke Ukrania. Mengingat Denpasar tidak memiliki kelapa maupun jenis tanaman untuk pembuatan arak, maka dari itu potensi buah nanas Denpasar bisa tergaraf secara maksimal.

1th-bn#1/2/2020

Kehadiran Kadin terus bersinergi dengan pemerintah dalam mencari solusi untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Kadin yang sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 1 Tahun 1987 dapat menjalan tugas dengan baik, apalagi ditengah-tengah kondisi krisis nasional dan global. Komitmen itu juga sudah disampaikan dalam acara Seminar Nasional “Bali Economic and Investment Forum (BEIF) 2021: Grand Design of Bali Economic Recovery” di Badung, Kamis (8/4/2021). Dimana acara tersebut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual.

Selain itu, pihaknya mendorong agar pelaku UMKM bisa naik kelas sehingga lebih mudah diserap pasar dan akses permodalan. Peluang untuk mendapatkan modal cukup besar baik KUR maupun kemudahan yang diberikan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) sepanjang mengikuti prosedur yang ditetapkan. Sedangkan, Ketua Kadin Denpasar Arnawa mengaku mempunyai binaan 190 UMKM yang bergerak berbagai sektor dibawah bimbingan Owner Krisna Oleh-Oleh, Cok Krisna. Dari segi permodalan Kadin Denpasar telah menjalin kerjasama dengan bank swasta yang memiliki kesamaan visi dalam membantu meningkatkan kualitas produk UMKM.

1bl#ik-5/3/2021

Menurutnya, peluang ekspor masih terbuka, sepanjang produk-produk yang dijual memenuhi standar. Misalnya untuk negara Rusia yang berpotensi yakni handicraft, fashion maupun perikanan. Tetapi yang memungkinkan untuk Denpasar handicraft, fashion, termasuk perak, emas dan sejenisnya. Sebelumnya sudah sempat melakukan pemeran ke Rusia, produk Denpasar dan Bali yang laris laku baik perak dan emas yang sudah diinovasikan. “Semoga saja Agustus ini bisa lagi datang ke Rusia,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga akan menggarap keberangkatan tenaga kerja tujuan Polandia, Australia. Kadin Denpasar memiliki sumber daya yang mumpuni untuk hal itu.

Bahkan, pihaknya telah membangun komunikasi dan jaringan Hongkong, Rusia, Afrika Selatan, Vietnam dan Australia untuk tujuan eksport produk unggulan dari IKM, UKM maupun produk perusahaan yang sudah expert. Negara-negara tersebut sangat antusias, hanya menunggu penerbangan internasional bisa dibuka. Sembari menunggu pandemi berakhir, pihaknya akan mendata kembali anggota Kadin Denpasar agar rampung ketika Pengukuhan Pengurus Kadin Denpasar 2020-2025. Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan pertemuan dengan Investor Hongkong untuk kembali membangkitkan ekonomi Denpasar Bali di Badung, Rabu (20/1/2021).

1bl#bn-7/1/2021

Pada kesempatan itu hadir Deputy Director (Commercial Relations) Hongkong Invest Ricky Cheng dan Assitent Manager, Invesment Promotion Andy Hermanto. Meskipun masih pandemi Covid-19, pihaknya terus berupaya melakukan kerjasama dalam memutar roda ekonomi. Kondisi ekonomi memang tidak mudah dalam menghadapi pandemi, agar mampu bertahan, bahkan beberapa sektor usaha tidak bisa jalan. Meskipun pengurus Kadin Denpasar belum dilantik secara resmi setelah pengukuhan Kadin Bali oleh Gubernur Wayan Koster. Namun, Kadin Denpasar terus bergerak membangun sinergi dengan berbagai pihak baik Pemerintah Denpasar, termasuk Poltabes Denpasar. aya/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close