Pariwisata dan Hiburan

Walikota Jaya Negara Cabut Kayonan

Malam Apresiasi Tutup Bulan Bakti Gotong Royong DPD LPM


Denpasar, PancarPOS | Gelaran malam apresiasi menutup berbagai rangkaian kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyaraka (LPM) Kota Denpasar, Minggu (2/6/2024) di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung.

Satu bulan pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong dari tanggal 1 Mei 2024 dan agenda penutupan Bulan Bakti Gotong Royong ditandai dengan pencabutan “kayonan” oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Penampilan seniman klasik Denpasar, pentas budaya disabilitas dari Komunitas Satu Hati yang dibentuk DPD LPM Denpasar hingga UMKM kuliner dan pameran perlombaan lainnya meriahkan malam penutupan. Walikota Jaya Negara juga menyerahkan piagam penghargaan dari DPD LPM Denpasar kepada dua orang seniman klasik Denpasar, yakni I Gusti Agung Ayu Sukanami, dan Ni Ketut Arini

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Denpasar, I Ketut Suteja Kumara Putra yang juga selaku Dewan Penasehat DPD LPM Denpasar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Denpasar I Wayan Budha, DPC LPM desa/lurah, dan tokoh masyarakat Denpasar.

“Melalui malam apresiasi seni dan budaya dalam rangkaian puncak Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat kita jadikan momentum untuk bersama-sama menjaga spirit pembangunan di Kota Denpasar berwawasan budaya berdasarkan prinsip Vasudhaiva Kutumbakam, Menyama Braya,” ujar Walikota Jaya Negara disela-sela kegiatan malam apresiasi.

Lebih lanjut Walikota Jaya Negara menyampaikan, diketahui bersama pada Bulan Juni merupakan Bulan Bung Karno. Di mana konsep dan gagasan Bung Karno yakni, Tri Sakti Bung Karno yaitu, berdaulat dalam bidang politik, berdikiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Spirit dan gagasan tersebut yang kita jadikan bintang penuntun serta acuan kita bersama di Bali khususnya Kota Denpasar untuk senantiasa menjaga serta mempertahankan adat, seni dan budaya di tengah masifnya gempuran teknologi, dan modernisasi jaman.

“Saya berkeyakinan bahwa hanya dengan semangat gotong royong kita bisa menjaga kelestarian adat seni dan budaya agar bisa dinikmati oleh generasi anak cucu kita nanti,” ujar Jaya Negara.

Sementara Ketua DPD LPM Denpasar, I Gede Eka Suputra menyampaikan, Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat yang diselenggarakan mulai 1 Mei hingga 2 Juni 2024 yang diakhiri dengan malam apresiasi.

“Seluruh LPM dari tingkat desa/kelurahan sampai DPD LPM Denpasar telah melaksanakan Bulan Bakti Gotong Royong yang tahun ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan yang dipusatkan di Lapangan Puputan Badung, I Gusti Ngurah Made Agung dengan gelaran seni budaya malam apresiasi,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan DPD LPM Denpasar telah melaksanakan
kegiatan pembagian sembako, alat kesehatan kepada masyarakst, membina difabel berjumlah 96 orang bekerjasama dengan Dinas Sosial Denpasar. Di samping itu juga telah membina 101 UMKM Denpasar dan telah bersertifikat yang bekerjasama dengan Disperindag Denpasar.

“Penyelenggaraan malam apresiasi Bulan Bakti Gotong Royong yang tahun ini mengangkat pemberdayaan kesenian klasik di Kota Denpasar dan berharap seninan klasik mampu menginspirasi kita semua,” ujarnya. mas/ama/*

Baca Juga :


Back to top button