Politik dan Sosial Budaya

Gaungkan Kembali Budidaya Vanili dan Porang, Made Urip Buka Pelatihan Bimtek Petani dan Penyuluh di Buleleng


Buleleng, PancarPOS | Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., membuka secara resmi Pelatihan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Angkatan IV Kabupaten Buleleng di Hotel Adiasri Beach Resort and SPA, Desa Pemuteran, Gerokgak, Buleleng, Sabtu (27/3/2021) pagi. Pelatihan yang digelar oleh Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akrab disapa M-U itu, bersama Kementerian Pertanian Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan dengan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat. Pelatihan Bimtek kali ini, dikuti oleh 30 petani dan 30 penyuluh dengan total 60 peserta yang dihadiri Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan yang diwakili Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan Ridwan Wardiana, SP., M.Si., bersama Kadis Pertanian Buleleng, Ir. I Made Sumiarta, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Buleleng I Ketut Ngurah Aria dan Anggota DPRD Buleleng Dewa Gede Sugiharto, serta Praktisi Perkumpulan Vanili dan Porang Bali A.A. Gede Agung Widatama.

1bl#ik-11/3/2021

Pelatihan Bimtek tersebut sebagai terobosan baru dari Komisi IV DPR RI, karena melihat kondisi pertanian saat pandemi selama ini. Bahkan Bimtek serupa sebelumnya, juga sempat digelar Made Urip di Karangasem, Tabanan dan Gianyar dengan materi berbeda. Namun untuk Bimtek kali ini sengaja menggaungkan kembali budidaya vanili dan porang yang sedang naik daun di kalangan petani di Buleleng. Seperti diungkapkan Kadis Pertanian Buleleng Made Sumiarta sangat bangga Buleleng menjadi salah satu kabupaten yang dipilih untuk diberikan, pelatihan Bimtek bagi petani dan penyuluh karena pesertanya sangat dibatasi selama pandemi Covid-19. Karena itulah, mewakili Pemkab Buleleng sangat pengapresiasi dan sangat berterimamakasih kepada Made Urip bersama BBPP Ketindan yang telah memberikan peningkatan kapasitas petani dan penyuluh di Buleleng. Apalagi keberadaan penyuluh masih sangat minim, baik dari sisi SDM dan pengetahuannya harus terus ditingkatkan. “Petani agar maju dan modern kan harus majukan dulu penyuluhnya. Jadi Bimtek ini agar tidak hanya hari ini saja, tapi agar bisa terus berlanjut. Apalagi penyuluh PNS sangat minum sekali, seperti di Buleleng dari 124 desa yang terisi penyuluh hanya 117 desa, sehingga masih kekurangan,” bebernya.

1bl#ik-11/3/2021

Salah satu Penyuluh Ir. Dayu Made Dwiwati, MPt., mengakui pelatihan Bimtek ini sangat bermanfaat dan harus terus berlanjut bagi peningkatkan kapasitas petani termasuk penyuluh di lapangan. Karena itulah, ia bersama peserta lainnya sangat berterimakasih kepada Made Urip bersama BBPP Ketindan dan Pemkab Buleleng yang telah menyelenggarakan Bimtek yang khusus menyasar petani dan penyuluh kali ini. “Sebagai penyuluh sangat bersyukur diberikan Bimtek khususnya vanili dan porang, agar bisa memfasilitasi petani di Buleleng untuk meningkatkan pengetahuannya. Harapan kami sebagai penyuluh di Buleleng berkaitan kapasitas penyuluh agar juga diberikan Diklat Dasar dan Kompetensi Penyuluh agar juga bisa diselenggarakan,” tandasnya, seraya mengaku menyambut positif pelatihan yang digagas oleh Made Urip. Apalagi vanili dan porang sebagai komuditas baru yang sangat menjanjikan, sehingga bisa dikembangkan melalui pelatihan Bimtek yang difasilitasi langsung oleh Made Urip. “Kita sangat berterimakasih kepada Pak Made Urip, karena petani di tengah pandemi ada program yang menyentuh langsung ke petani. Kami berharap terus ada program yang bisa diturunkan ke petani, sehingga bisa memberikan pengetahuan bagi petani, termasuk para penyuluh,” katanya.

1bl#ik-11/3/2021

Di sisi lain, Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan BBPP Ketindan Ridwan Wardiana menegaskan melalui pelatihan Bimtek ini, diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan petani dan penyuluh agar berwawasan global. Karena itu, pihaknya juga berharap Bimtek ini bisa berlangsung secara teratur dan terus berkelanjutan untuk meningkatkan produksi pertanian khususnya vanili dan porang, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi di masa pandemi petani harus lebih kreatif dan inovatif agar sektor pertanian bisa maju, mandiri dan modern. “Karena itu kami sangat mengucapkan terimakasih kepada Pak Made Urip dan berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut ke depannya,” tegasnya. Menjawab hal itu, Made Urip menyebutkan potensi sektor pertanian di Buleleng masih sangat luar biasa, sehingga momentum pelatihan Bimtek ini, agar bisa menambah wawasan petani, khususnya komuditas porang yang sedang ngetren, karena bisa dikembangkan di Buleleng. “Karena itu harus diberdayakan untuk petani dan penyuluh yang terjun di lapangan. Salah satunya melalui Bimtek yang baru dimulai tahun 2021, sehingga tahun berikutnya bisa ditingkatkan menjadi dua kali lipat atau dengan 10 kali Bimtek,” papar Made Urip.

1bl#bn-13/3/2021

Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini, mengakui sengaja mengangkat kembali pengembangan budidaya vanili dan porang, sehingga setelah mengikuti Bimtek bisa diaplikasikan oleh seluruh petani di Buleleng. Jadi selama duduk lima periode di Komisi IV DPR RI akan terus memperjuangkan nasib petani yang mengurus perut rakyat sesuai dengan bidang tugasnya. Apalagi dampak Covid-19 sangat luar biasa, sehingga hanya sektor pertanian yang bisa tumbuh. Karena itu, kemitraan ini ke depan diharapkan bisa dilakukan secara terus menerus. “Karena itu sebagai petani cari mitra (DPR RI, red) yang mengurus pertanian karena potensi pertanian di Buleleng sangat luar biasa, termasuk peternakan juga ada dan tinggal dibukakan akses bantuan dan program dari APBN. Untuk itu bentuk kelompok untuk mengakses program pertanian ini, dan gunakan nantinya bantuan itu dengan baik. Makanya harus dijaga terus kemitraan ini,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan selama tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian dan Lingkungan Hidup itu. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close