Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Roadshow Gaungkan 4 Pilar Kebangsaan di Desa Adat Sembung Gede dan Penarukan


Tabanan, PancarPOS | Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kembali digaungkan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip sebagai salah satu Anggota MPR RI. Ketua DPP PDI Perjuangan membidangi Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup itu, roadshow memberi pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang diawali di Desa Adat Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, pada Rabu, 24 Januari 2024. Kehadiran Made Urip yang diberi julukan oleh petani dan krama subak sebagai Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akran disapa M-U ini, didampingi Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan, I Ketut Arsana Yasa alias Ketut Sadham. Selanjutnya, Made Urip memberikan pemahaman 4 Pilar Kebangsaan di Desa Penarukan, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, pada Sabtu, 27 Januari 2024 yang dihadiri kader-kader PDI Perjuangan seluruh Kecamatan Kerambitan.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip sebagai salah satu Anggota MPR RI di Desa Adat Sembung Gede, pada Rabu (24/1/2024). (foto: ist)

Sosialisasi nilai-nilai kebangsaan tersebut, kembali menghadirkan tiga narasumber, yakni I Gede Suamba bersama I Wayan Gunadi dan I Nyoman Kartika sebagai kader lumutan PDI Perjuangan yang dihadiri Bendesa Adat Sembung Gede beserta para pengurus Pakis, anggota STT, pecalang, dan krama lanang isteri Desa Adat Sembung Gede.

[democracy id=”3″]

Pada kesempatan itu, krama Desa Adat Sembung Gede merasakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diberikan oleh Made Urip selama ini dirasakan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk para generasi muda, khususnya yang berada di pelosok desa. Selain itu juga menambah wawasan, agar bisa menjadi warga negara yang baik dan benar dengan mengetahui pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan para generasi muda menyambut positif kegiatan sosialisasi ini. Apalagi melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar oleh Made Urip bisa lebih memahami bagaimana menerapkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, seluruh masyarakat sangat berterima kasih kepada Made Urip, karena telah mendapat tambahan ilmu yang sangat berguna bagi seluruh lapisan masyarakat. Mereka berharap agar sosialisasi seperti ini, bisa terus dilaksanakan, termasuk di desa lainnya.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar oleh Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip sebagai salah satu Anggota MPR RI di Desa Adat Sembung Gede, pada Rabu (24/1/2024). (foto: ist)

Di sisi lain, masyarakat juga mendapat kebahagian yang sangat luar biasa, karena telah menerima kedatangan Made Urip yang memang sejak lama ditunggu oleh warga desa untuk memberikan pemahanam 4 Pilar Kebangsaaan di Desa Adat Sembung Gede. Apalagi selama ini, M-U sudah dikenal lama, karena selalu rajin turun membantu berbagai aspirasi dan usulan yang disampaikan masyarakat, khususnya di sektor pertanian dalam arti luas. Karena itulah, masyarakat sangat berharap bisa hadir mengikuti dengan baik sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, selain bisa menyampaikan aspriasi kepada Made Urip.

1th#ik-067.11/8/2023

Sementara itu, Made Urip menyampaikan 4 Pilar Kebangsaan ini sebagai penguat kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, perlu disadari meskipun sebagai warga yang jauh di pelosok di desa, namun juga harus tetap tahu dan paham untuk mengamalkan nilai-nilai 4 Pilar kebangsaan ini. Disebutkan 4 Pilar Kebangsaan tersebut, yakni Pancasila sebagai idelogi dan dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Karena itulah, 4 Pilar Kebangsaan ini, tidak boleh hanya bisa dibica saja, namun juga harus bisa terus diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari-hari. “Untuk itu, semua penjabaran nilai-nilai kebasangsaan ini harus dipahami dan diamalkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Anggota DPR RI terpilih dengan 255.130 suara tertinggi di Dapil Bali dan peringkat ke tujuh nasional tersebut.

[democracy id=”4″]

Dijelaskan kembali, Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini sangat penting dan wajib dipahami dan diamalkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena selama ini, muncul kekhawatiran akibat adanya berbagai ancaman baik dari dalam dan luar negeri yang ingin merongrong dan memecah belah rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Salah satunya dengan gerakan dari kaum radikal yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Karena itulah, dikatakan sesuai dengan ketetapan MPR RI mewajibkan seluruh Anggota MPR RI melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ke semua lapisan masyarakat, termasuk warga negara di luar negari. “Seluruh warga negara, bahkan yang ada di luar negeri wajib mengikuti sosialisasi ini, agar negara kita tetap utuh dan bersatu,” tutup M-U. ama/ksm/yar

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button