Nasional

Bank BPD Bali Raih Penghargaan The Best Performing Bank 2023 Based on Financial Performance 2021 – 2023

Pertahankan Kinerja Baik di Tengah Tantangan Digitalisasi Industri Keuangan


Jakarta, PancarPOS | Di tengah guncangan ekonomi nasional yang cukup berat serta perkembangan pesat teknologi digital yang membawa peluang memperluas cakupan bisnis sekaligus sepaket dengan ancaman kejahatan siber (cyber crime), Bank BPD Bali tetap berupaya menunjukkan daya tahan yang baik (resilience) dengan pertumbuhan yang cukup stabil. Bank BPD Bali dianggap sebagai salah satu Industri jasa keuangan yang memiliki kinerja terbaik pada ajang Top 20 Financial Institution Awards 2023 yang berhasil meraih penghargaan The Best Performing Bank 2023 Based on Financial Performance 2021 – 2023 (Bank Assets Category Within Rp25 trillion Less Than Rp50 trillion). Penghargaan diterima pada 14 November 2023 di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta.

Bank BPD Bali Raih Penghargaan The Best Performing Bank 2023 Based on Financial Performance 2021 – 2023. (foto: ist)

Selain Bank BPD Bali, lembaga keuangan yang mendapat penghargaan tersebut terdiri dari bank, perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, perusahaan reasuransi dan perusahaan pembiayaan (multifinance). Penghargaan yang diterima Bank BOD Bali diberikan berdasarkan pada hasil rating bertajuk Top 20 Lembaga Keuangan 2023 yang dilakukan The Finance terhadap laporan kinerja keuangan lima lembaga keuangan dalam tiga tahun terakhir, yakni dari Juni 2021- Juni 2023. Rating ini mengukur performa Bank BPD Bali dengan bahan baku laporan keuangan dalam tiga tahun (periode) terakhir.

1th#ik-072.21/8/2023

Bank BPD Bali berpegang teguh pada komitmen menjadi pelaku usaha perbankan yang progresif dengan memaksimalkan potensi dan fokus pada solusi untuk turut membantu pemulihan ekonomi tidak hanya di daerah, namun juga nasional melalui pengembangan ekosistem digital. Strategi bisnis Bank BPD Bali dalam meningkatkan daya saing berupa inovasi produk dan layanan dengan memperluas jangkauan layanan berbasis digitalisasi dan aliansi strategis serta pemanfaatan digitalisasi sebagai backbone pelayanan kepada nasabah.

1th#ik-087.27/10/2023

Diketahui, pada Triwulan III tahun 2023, perolehan laba bersih Bank BPD Bali yang hingga September 2023 tumbuh sebesar 18,69% (y-o-y), mencapai Rp 643,86 miliar. Bank BPD Bali juga mampu mencatat penyaluran kredit sampai dengan Triwulan III tahun 2023 sebesar 3,71% (y-o-y) menjadi Rp20.810,51 miliar. Selanjutnya untuk mempercepat akses keuangan, Bank BPD Bali memberikan akses pembiayaan dengan berbagai produk kredit berupa kredit KUR Super Mikro, KUR Mikro dan KUR Kecil, kredit modal kerja, kredit investasi, kredit program KUSUMA (Kredit Usaha untuk Sejahtera Unggul & Maju) yang diperuntukkan untuk Debitur KUR Kecil yang tidak dapat memperoleh KUR kembali dan selanjutnya diprospek menjadi debitur kredit komersial dengan plafon kredit menyesuaikan dengan kemampuan membayar (repayment capacity) dan teranyar KMG (Kredit Multi Guna) Emas Bank BPD Bali.

[democracy id=”3″]

Dari segi inovasi digital, Bank BPD Bali bersama Bank Indonesia gencar menggaungkan salah satu sistem pembayaran sebagai milestone digitalisasi, yakni Qris Cross Border. Setelah berhasil melakukan first launching yang dimulai dari negara gajah putih, Thailand yang selanjutnya dengan negara Malaysia dan saat ini semakin meluas dengan menjangkau negara Singapura. Hal tersebut merupakan bukti nyata penguatan kerja sama dalam kerangka Regional Payment Connectivity (RPC) untuk mendorong pembayaran lintas negara yang lebih cepat, lebih murah, lebih transparan, dan lebih inklusif, terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Dengan fitur QRIS Cross-Border, pengguna dapat dengan mudah mengkonversi uang ke mata uang tujuan saat melakukan transaksi, sehingga tidak perlu khawatir untuk menukar uang di Bank ataupun money changer. Dengan pembaruan nilai tukar secara live dan real-time, pengguna bisa mendapatkan nilai tukar yang paling akurat dan memberikan keamanan dan fleksibilitas dalam transaksi mata uang asing.

[democracy id=”4″]

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, S.H., M.H mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh The Finance, kedepannya penghargaan yang diterima ini akan dijadikan sebagai inovasi bagi Bank BPD Bali agar tetap mampu mempertahankan kinerja yang baik dengan berbagai tantangan ekonomi di industri perbankan dan keuangan pada khususnya. “Bank BPD Bali akan terus berupaya untuk turut andil memberikan kontribusi maksimal dalam pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga kinerja yang baik sekaligus diimbangi dengan teknologi yang mumpuni. Rasa terima kasih juga saya ucapkan untuk seluruh nasabah dan stakeholder yang telah mempercayai pelayanan keuangannya di Bank BPD Bali,” ungkapnya. dri/ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button