Ekonomi dan Bisnis

Cegah Penyebaran Covid-19, Digital Marketing Solusi di Tengah Pandemi


Denpasar, PancarPOS | Pandemi Covid 19 yang berkepanjangan menyebabkan banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak. Mulai dari mengurangi operasional, merumahkan karyawan hingga tutup total. Pelaku usaha UMKM mesti mulai melakukan inovasi dan terobosan baru menghadapi pandemi ini. Pemasaran digital menjadi sebuah solusi, dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan strategi pemasaran. Hal tersebut sangat efektif mencegah penyebaran Covid-19 dengan tetap melakukan prokes ketat serta menerapkan 6M dengan selalu Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci Tangan, Mengurangji kerumunan, Menghindari Kerumuman, maupun Mengurangi bepergian. Selain itu juga wajib Meningkatab imum dan selalu Menaati aturan.

1th#ik-10/5/2021

Pemasaran digital menjadi peluang dan harapan baru di tengah pandemi mengingat makin meningkatnya keterhubungan masyarakat dengan internet dan sosial media. Kondisi in merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualannya. Hal tersebut karena para pelaku UMKM bisa mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Antara lain, pemasaran online dapat menjangkau konsumen yang luas, dan memudahkan karena bisa dilakukan lewat smartphone saja serta berbiaya murah karena bisa membuat konten menarik hanya dengan menggunakan peralatan sederhana milik sendiri. Pemasaran digital juga lebih efisien karena dapat menjangkau konsumen yang sesuai dengan segmentasi khusus.

Digital marketing ini dilakukan untuk memberi dukungan kepada para pelaku usaha, seperti di Kota Denpasar. Harapannya para pelaku UMKM tetap dapat berusaha dan berjualan dengan menggunakan internet dan media sosial. Dengan tetap kreatif dan inovatif serta jeli memanfaatkan peluang akan dapat membuat para pelaku UMKM tetap produktif di tengah berbagai keterbatasan. Kini dengan menggunakan smart phone dan kuota serta kecakapan digital banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktifitas dan penjualan.

1bl#bn-13/7/2021

Seperti halnya UMKM Denpasar Bangkit yang bertujuan mendorong para pelaku usaha tetap produktif akan dilaksanakan dalam beberapa seri kegiatan. Para peserta juga akan dipromosikan melalui akun-akun media sosial Pemerintah Kota Denpasar. Para UMKM mengoptimalkan strategi pemasaran melalui media-media sosial. Khususnya memanfaatkan fitur dan fasilitas di masing-masing media sosial untuk mengembangkan bisnis. Misalnya dengan menambahkan lokasi Bisnis di Google Map melalui Google My Bisnis. Para UMKM mesti eksis di media sosial sesuai target market, dengan memanfaatkan fitur marketplace Facebook. UMKM Bali khususnya Denpasar bisa bangkit dengan digitalisasi pemasaran sehingga banyak produk atau layanan yang bisa dijual dan perputaran ekonomi meningkat tanpa harus menunggu wisatawan datang.

Pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan market place yang ada dengan baik. Optimalkan fasilitas di market place dan lakukan strategi untuk memasarkan produk dengan baik, karena melalui marketplace pelaku usaha bisa menjangkau pasar nasional bahkan luar negeri. Misalnya dengan membuat konten grafis dan video yang menarik serta mengoptimalkan review dari pelanggan di berbagai marketplace. Joko juga menyatakan bahwa ada fitur promosi atau fasilitas permodalan dari marketplace yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha khususnya UMKM pemula. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close