Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Resmikan Bantuan Pabrik Penggilingan Gabah Kelompok Tani Boga Sari


Tabanan, PancarPOS | Mengawali agenda Reses Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., meresmikan pabrik penyosohan gabah atau rice milling unit (RMU) di Subak Aseman IV, Banjar Batan Buah, Desa Tanguntiti, Selemadeg Timur, Tabanan, Selasa (16/2/2021) siang. Peresmian bantuan Sarana Pasca Panen Tanaman Pangan tahun anggaran 2019 untuk Kelompok Tani Boga Sari tersebut, ditandai dengan pemotongan pita oleh MU sapaan akrab Wakil Rakyat Sejuta Traktor ini, didampingi Anggota DPRD Tabanan, I Made Muskadana, sekaligus pemelaspasan wantilan yang dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Bantuan pabrik penggilingan gabah yang diperjuangkan Made Urip senilai Rp570 juta itu, sangat dinantikan oleh petani krama subak setempat.

3bl#ik-10/2/2021

Seperti diungkap, Ketua Kelompok Tani Boga Sari, Dra. I Ketut Tomo mengakui berkat bantuan yang direkomendasi Made Urip selama 1 tahun berjalan sudah mengolah sekitar 43,76 ton gabah dari anggota kelompok. “Karena itu, peresmian kali ini menjadi momentum untuk menggelar rapat tahunan yang dihadiri Pak Urip, sekaligus memberikan insentif berupa hadiah bagi 10 besar anggota kelompok dengan jumlah selep gabah terbanyak,” paparnya. Sementara itu, Pekaseh Subak Aseman IV, I Wayan Suka Artama mengucapkan terimakasih kepada Made Urip yang telah mewujudkan RMU. “Mewakili 270 krama subak dari 120 KK anggota kelompok sangat berterimakasih atas bantuan dari Pak Made Urip. Ke depan diharapkan ada dukungan lainnya bagi krama subak,” tandasnya.

Di sisi lain, selaku kader partai, Made Muskadana, juga mengucapkan terimakasih kepada Made Urip yang sangat konsistensi dan serius sebagai wakil rakyat di pusat telah memberikan bantuan RMU yang sangat dirasakan manfaatnya oleh krama subak. “Pak Urip sebagai pimpinan partai kami sangat luar biasa dan sebagai wakil rakyat meskipun di masa pandemi tetap hadir dengan selalu menjaga protokol kesehatan,” katanya, seraya menyebutkan sangat banyak perjuangan bersama Made Urip, karena selain RMU juga sudah mewujudkan wantilan dari APBD Tabanan tahun anggaran 2019. “Mudah-mudahan cita-cita masyarakat di Desa Tanguntiti bisa terus terwujud berkat kerja nyata yang terus dilakukan dan Pak Made Urip selalu mengingatkan kita jangan melupakan masyarakat sampai terwujud bangunan ini,” imbuhnya.

2bl#ik-10/2/2021

Pada kesempatan itu, Made Urip menyambut baik bantuan RMU yang sudah terwujud dan sudah beroperasi untuk anggota kelompok yang menyelep gabah dengan manajemen yang transparan. “Ketua kelompoknya sudah sangat jujur, dan saya berharap krama Subak Aseman bisa manfaatkan RMU ini, agar berjalan dengan baik. Kita akan selalu membantu dan mudah-mudahan Covid-19 ini segera berlalu. Karena pendapatan negara anjlok dari semua sektor, sehingga semuanya mengalami penurunan anggaran,” tandas Made Urip yang akan tetap bersama-sama berjuang untuk melestarikan subak basah dan subak abian, karena sudah menjadi peradaban dan budaya atau kultur masyarakat di Bali. Di samping itu, juga ikut mensupport masyarakat Tanguntiti untuk mewujudkan cita-cita mempunyai wantilan sebagai tempat pertemuan yang representatif.

Apalagi sekarang hanya tinggal melanjutkan finishingnya saja, sambil menunggu ekomomi Bali yang sangat terdampak Covid-19 akibat anjloknya sektor pariwisata. “Dampaknya sangat luar biasa dan banyak yang pulang kampung, sehingga kembali masuk di sektor primer pertanian ini. Karena mereka sudah mengalami kesulitan ekonomi, terutama yang hidup di perkotaan,” jelas Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian, Ketahanan Pangan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup itu, sembari menegaskan pandemi ini belum ada yang tahu kapan akan berakhir meskipun sudah semuanya divaksin. “Makanya diminta pola hidup harus berubah dengan Prokes yang ketat dengan pakai masker, cuci tangan jaga jarrak dan harus dilakukan bersama. Apalagi kabarnya ada varian baru yang lebih ganas seperti di negara lainnya,” tegasnya. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close