Politik dan Sosial Budaya

Petani Tidak Rugi Memilih Made Urip, Akses Pembetonan Jalan Subak Merta Mulus dan Rapi


Tabanan, PancarPOS | Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., meresmikan secara simbolis Jalan Pertanian Tahun 2021 di Subak Merta Tempek Bugbugan yang ditandai dengen pemotongan pita pada Senin (11/10/2021). Akses pembetonan jalan tersebut dari sumber dana ABT Jalan Pertanian di Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Tabanan. Kehadiran Ketua DPP PDI Perjuangan membidangi Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang biasa dikenal sebagai Wakil Rakyat Sejuta Traktor ini, didampingi Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan Ni Made Dewi Trisnayanti, SH., disambut Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tabanan, Camat Pebenel, Babinsa, Babinkamtibmas, Perbekel Senganan, beserta para petani dan krama subak. Pembetonan jalan subak sepanjang 500 meter dengan lebar 2 meter ini, dikerjakan secara swakelola oleh krama subak. Seperti diungkapkan Wakil Kelian Subak Merta Tempek Bugbugan, I Gusti Ngurah Widia mengucapkan terimakasih kepada Made Urip, karena selama ini selalu membantu krama subak, termasuk di Desa Senganan. Salah satunya, bantuan jalan usaha tani senilai Rp100 juta yang diperjuangkan Made Urip akhirnya bisa terwujud dengan baik sesuai harapan petani dan krama subak. Karena sebelum adanya pembetonan jalan ini, mereka menyadari tidak ada akses yang optimal digunakan oleh krama subak. “Kami tidak bisa berkata-kata apapun lagi, kecuali ucapan terimakasih kepada Bapak Made Urip, bersama Dinas Pertanian Tabanan yang telah mewujudkan jalan pertanian ini,” ujarnya.

1bl#ik-21/8/2021.

Pada kesempatan itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tabanan, I Gusti Putu Wiadnyana mengakui petani dan krama subak mempunyai wakil rakyat di pusat yang selalu membantu dan memenuhi aspirasi pertanian di Tabanan. Selama ini juga selalu hadir dan berkomunikasi dengan baik untuk memperjuangkan bantuan pertanian, seperti bantuan sarana dan prasana jalan pertanian ini. Untuk itu, pihaknya juga menekankan agar setelah tuntasnya jalan usaha tani ini, nantinya jangan sampai berubah fungsi menjadi jalan perumahan. “Kami sangat berterimakasih sekali dengan kepedulian dan perjuangan Bapak Made Urip di sektor pertanian, khususnya untuk para petani dan krama subak di Tabanan. Jadi tidak rugi memilih Pak Made Urip di tingkat pusat, apalagi sudah menjadi Anggota DPR RI terlama,” tandasnya, seraya ditambahkan oleh Camat Penebel I Gusti Ayu Nyoman Supartiwi menyampaikan di manapun ada acara subak dipastikan Made Urip selalu hadir. Seperti kegiatan bergotong royong krama subak untuk membeton jalan ini, juga didukung dan diperjuangan oleh politisi senior kelahiran Desa Tua, Marga, Tabanan itu. “Terimakasih kepada Bapak Made Urip untuk warga subak kami sudah mewujudkan jalan usaha tani ini. Namun nantinya krama subak tolong dipelihara bersama jalan subak ini, agar tetap dalam kondisi baik. Karena bantuan Pak Urip ini sangat luar biasa,” tutupnya.

Ik#1th-10/10/2021

Di sisi lain selaku petugas partai, Dewi Trisnayanti mengakui perjuangan Anggota DPR RI lima periode dengan 255.130 suara terbanyak Dapil Bali dan ranking ketujuh nasional itu sangat luar biasa dan telah mengawal aspirasi krama subak, karena dari 1 kilometer jalan subak sudah setengahnya dibeton. Selaku wakil rakyat setempat juga akan ikut terus bergotong royong dan mengawal ke depan, sehingga diharapkan sisanya jalan yang belum dibenton bisa disambung dan dilanjutkan. “Kita juga berharap agar terus juga dikawal oleh Pak Made Urip yang telah mewujudkan jalan subak ini,” paparnya. Saat berdialog dan bertatap muka, Made Urip memberi apresiasi krama subak, karena dalam waktu singkat jalan usaha tani ini bisa terwujud dengan mulus dan rapi. Karena itulah, Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang akrab disapa M-U ini, akan terus memberikan dukungan dan dorongan ke depan, karena jalan subak ini sudah terbukti bisa dikerjakan dengan baik dan bersungguh-sungguh. Untuk itu, jalan pertanian ini agar terus dipelihara dengan baik sehingga bisa meningkatkan produktifitas pertanian karena biaya produksi bisa ditekan. “Apapun aspirasinya nanti akan kita jembatani, tidak saja jalan usaha tani, tapi juga bantuan lain, seperti Alsitan, berupa traktor, power threaser, bantuan penguatan modal, maupun bantuan bibit sapi betina produksi dan lainnya,” beber M-U.

1bl#ik-21/7/2021

Selain itu, ia mengingatkan sebagai petani harus tekun untuk menekuni profesi ini, sehingga bisa melihat keseriusan para petani dan krama subak, seperti terwujudnya jalan subak yang pertama diresmikan ini hasilnya sudah sangat luar biasa. Jalan subak ini sebagai wujud nyata yang sudah terbukti aspirasi bantuan yang diperjuangkan Made Urip telah dikucurkan pemerintah pusat tahun 2021. “Saya akan terus menjembatani kepentingan petani dan krama subak. Tidak saja di Tabanan, namun di seluruh Bali,” tutup M-U, sembari bersama Dewi Trisnayanti menyerahkan sejumlah dana tali kasih yang diterima Kelian Subak Merta Tempek Bugbugan. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close