Daerah

Air “Loloan” Deras, Pelinggih Loloan Pantai Siyut Ambruk


Gianyar, PancarPOS | Akibat hujan deras yang mengguyur Gianyar pada Sabtu (10/10/2020) kemarin menyebabkan debit atau volume air di muara sungai atau loloan dikawasan timur Pantai Siyut, Desa Tulikup Gianyar cukup besar. Akibatnya senderan dan juga pelinggih yang berada di pinggir loloan tersebut ambruk.

2mg#bn-7/10/2020

Kepala Desa Tulikup, I Made Ardika, Minggu (11/10/2020) membenarkan bahwa senderan yang berada di perbatasan antara Pantai Siyut dengan Pantai Tegal Besar, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. “Benar, posisi senderan yang ambruk tersebut berada di sebelah timur Pantai Siyut. Berbatasan juga dengan Pantai Tegal Besar,” ujarnya.

Made Ardika mengatakan bahwa pelinggih yang juga dibangun oleh Desa Tulikup juga ikut ambruk. “Ada satu palinggih yang dibangun oleh Desa di sekitar senderan itu juga ikut ambruk,” ujarnya. Penyebab ambruknya senderan serta pelinggih tersebut dikatakan karena debit air di muara sungai atau loloan cukup besar, “Karena hujan debit air cukup besar, senderan tersebut mungkin tidak cukup kuat menahan debit air yang cukup besar hingga ambruk,” katanya.

1bl-ik#27/4/2020

Pihaknya pun mengatakan akan segera melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Kabupaten Gianyar, “Mengingat hari ini hari Minggu, jadi kami akan laporkan besok hari Senin (12/10/2020) ke BPBD,” ucapnya. Selain ambruknya senderan tersebut, dikatakan tidak ada lagi kerusakan yang terjadi di wilayah Pantai Siyut. “Kalau di wewidangan (wilayah) kami hanya itu saja, tapi di sebelah timurnya yakni di Pantai Tegal Besar ada akses jalan yang jebol. Tapi itu bukan wewidangan kami,” tandasnya. tur/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close