Politik dan Sosial Budaya

Rochineng Raih Polling Tertinggi Calon Bupati Buleleng 2024-2029


Buleleng, PancarPOS | Kembali meraih kepercayaan masyarakat Buleleng untuk duduk di DPRD Bali dengan raihan 31.922 suara di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, Dr. I Ketut Rochineng, SH. MH., menjadi buah bibir jelang Pilkada Buleleng, 27 November 2024. Terbukti dari hasil polling atau jajak pendapat dari sejumlah media, nama Dr. I Ketut Rochineng, SH. MH. menduduki posisi paling tinggi untuk maju di Pemilihan Bupati Kabupaten Buleleng masa bakti 2024-2029. Salah satunya, polling tentang “Siapa Calon Bupati Buleleng Pilihan Masyarakat Buleleng Periode 2024-2029 (Bali Demokrasi)” yang dibuat pada Rabu, 3 April 2022 pukul 21:35 WIB hingga dipantau oleh PancarPOS.com, saat Jumat, 8 Maret 2024 pukul 10.28 WIB.

Dr. I Ketut Rochineng, SH. MH., melalui berbagai hasil polling dan survei selalu berada di urutan puncak. (foto: ist)

Nama anggota DPRD Provinsi Bali dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kabupaten Buleleng ini kokoh di posisi teratas. Dari catatan polling ini memiliki opsi jawaban dan sudah menerima 2.371 suara dengan mem-vote 20 nama tokoh yang menjadi bakal calon Bupati Buleleng. Dari survei lewat polling yang dimuat di web Pollingkita.com itu, menyebutkan bahwa nama Dr. I Ketut Rochineng, SH. MH., berhasil meraih persentase mencapai 27,5 persen atau meraih sebanyak 591 suara yang disusul oleh Dr. Ketut Putra Sedana, Sp.OG di posisi kedua sebesar 25,7 persen atau 551 suara dan peringkat ketiga atas nama Gede Supriatna, SH sebesar 16,7 persen atau 358 suara serta ranking keempat dr. I Nyoman Sutjitdra, Sp.OG sebanyak 11,8 persen atau 254 suara.

Polling di website media online Pollingkita.com ini, mengupdate perolehan polling bagi siapa sosok atau tokoh yang akan maju di Pemilihan Bupati Buleleng periode 2024-2029 yang sudah beredar baik di WhatsApp maupun Facebook, serta medsos lainnya. Sebenarnya Rocky. N sapaan akrab Dr. I Ketut Rochineng, SH. MH., melalui berbagai hasil polling dan survei selalu berada di urutan puncak karena dianggap memiliki pengaruh dan jiwa populis yang merakyat, sehingga disukai oleh banyak kalangan. Terbukti saat politisi asal Desa Petemon ini menjadi Caleg DPRD Bali newcomer pada Pemilu Legislatif tahun 2019 lalu berhasil meraih 25.813 suara bahkan pada periode kedua Pemilu 2024 meningkat drastis bisa mencapai 31.922 suara.

1bl#ik-018.8/3/2024

Wajar saja, nama Dr. I Ketut Rochineng, SH. MH., yang mencuat muncul sebagai bakal calon Bupati Buleleng yang dimasukkan dalam polling tersebut. Ternyata sosok rendah hati dan berjiwa sosial itu, tetap memiliki rating dukungan terbanyak. Apalagi Rocky. N sebelumnya memegang berbagai jabatan sebagai birokrat di Pemprov Bali, saat ini kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Bali dari Fraksi PDI Perjuangan di Dapil Kabupaten Buleleng. Merespon hasil polling yang menduduki posisi teratas tersebut, Rocky. N, saat dihubungi via telepon oleh sejumlah awak media, Jumat, 8 Maret 2024 malah mengaku tidak mengetahui tentang hasil polling yang kembali menempatkan namanya berada di urutan tertinggi, sehingga merasa sangat kaget, dan berbahagia atas kepercayaan masyarakat yang memberikan dukungan lewat suara polling tersebut.

Meskipun tidak berharap banyak, namun penyanyi dan pencipta lagu album Bali Shanti itu, mengaku sangat berterima kasih namanya terbaca dan masuk polling calon Bupati Buleleng dengan suara terbanyak yang dipercayakan oleh masyarakat di Bumi Panji Sakti. Apalagi sebelumnya tidak pernah mengetahui ada polling tersebut bahkan tidak pernah ada dihubungi jika ada polling dukungan atas namanya untuk menjadi calon Bupati Buleleng pilihan masyarakat Buleleng periode tahun 2024-2029. “Saya kembali bersyukur karena nama saya diperhitungkan dan diikutkan pada polling ini. Tentu saya juga sangat berterima kasih kepada yang memilih saya atau peserta lainnya. Karena ini merupakan awal demokrasi yang baik di kalangan masyarakat Buleleng. Tapi saya, tentu sampai saat ini hanya ingin terus fokus turun untuk membantu masyarakat Buleleng, sekaligus menuntaskan dengan baik tugas-tugas dan kewajiban saya sebagai kader partai dan anggota dewan,” beber Rocky. N.

1bl#ik-017.27/2/2024

Rocky. N mengatakan kalau memang masyarakat Buleleng menginginkan, serta atas perintah partai dirinya mengaku pasti siap maju sebagai calon Bupati Buleleng. Apalagi setiap partai politik (parpol) berhak menentukan figur untuk diikutsertakan dalam Pilkada Buleleng mendatang. “Bahkan seandainya kehadirannya dalam bursa pemilihan bupati itu ditugaskan oleh partai dan direstui oleh masyarakat, maka saya siap memegang mandat tersebut. Saya juga siap mengabdi, dan apabila induk partai saya menugaskan, maka saya siap maju menjadi calon Bupati Buleleng di kontestasi Pilkada 2024 mendatang,” tegas Ketua Dewan Pendekar Kerohanian Pusat Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa sembari mengaku jiwa sosialnya selama ini ditujukan semata-mata untuk turun membantu masyarakat secara langsung dan bukan mencari dukungan untuk jabatan apapun.

Perlu diketahui, Dr, I Ketut Rochineng, SH. MH., meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Promosi Doktor, Program Studi Doktor Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Udayana (Unud), Rabu, 10 Januari 2018. Awal berkarier birokratnya sempat menjadi pegawai dinas kehutanan yang ditempatkan di Payangan, Gianyar. Selanjutnya, Rochineng dipindahkan ke wilayah Kubu (Karangasem), Nusa Penida (Klungkung), hingga kemudian ke Kabupaten Buleleng pada tahun 1984. Semasa Rochineng bertugas di Klungkung dirinya sudah mengambil pendidikan kuliah jarak jauh jurusan hukum pada tahun 1982. Ketika dipindahtugaskan ke Buleleng, kuliah dilanjutkan, sampai akhirnya pada tahun 1989, Rochineng lulus dan berhak menyandang gelar sarjana hukum.

1bl#ik-013.25/2/2024

Ternyata, tidak selamanya Rochineng menjadi abdi negara di Buleleng. Setelah lulus menjadi sarjana hukum, pria ramah ini ditarik ke provinsi dan bertugas di Dinas Kehutanan Provinsi Bali sampai tahun 1992. Ia kemudian diangkat menjadi Kepala Polisi Hutan se-Bali. Ketika diberlakukan otonomi daerah, ditugaskan di Inspektorat. Selanjutnya pada tahun 2004 menjadi Kepala Satpol PP se-Bali dan awal tahun 2008 menjadi Sekretaris Dinas Kehutanan. Tahun 2009-2018 ditugaskan sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bali. Selanjutnya, pada 21 Februari 2018 dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Gianyar dan teranyar sejak tahun 2019 dipercaya menjadi wakil rakyat DPRD Bali Dapil Buleleng sampai sekarang. ama/sur/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button