Ekonomi dan Bisnis

Muswil V DPW ALFI Bali NTB Sinergi Garap Peluang Bisnis Logistik


Denpasar, PancarPOS ! Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Provinsi Bali, Bayu Joni Saputra, SE., MM., akan bersinergi dengan pemerintah menggarap peluang bisnis logistik Pulau Dewata. Bali memiliki potensi usaha logistik lewat udara yang paling unggul karena keberadaan dan kesiapan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bandara terbaik Indonesia yang berada di Bali mampu meningkatkan ekonomi daerah dan nasional yang kini masih bertumbuh paling rendah di Indonesia mencapai minum hampir 3 persen. Dengan mengoptimalkan logistik lewat udara dapat menjadikan Bali sebagai hub logistik tanah air, disamping menanggu rampungnya Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) Pelabuhan Benoa. “Saat ini memang Bali mengandalkan jalur udara dan lewat laut masih melalui Surabaya,” kata Gung Tini di Denpasar, Senin (6/12/2021).

1bl#ik-6/12/2021

Hal itu disampaikan dalam acara Musyawarah Wilayah (Muswil) V DPW ALFI/ILFA Provinsi Bali, NTB bertajuk “Menangkap Peluang Bisnis Logistik di Bali” dengan subtema “Pelaku Usaha Logistik Siap Memanfaatkan New Oppurtunity Melalui Adaptasi, Inovasi, Kolaborasi dan Peningkatan SDM” yang berlangsung di Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar. Ia kembali menegaskan, pihaknya menyamakan persepsi dalam acara itu dalam mendukung Pemerintah Provinsi Bali. Baik itu bersinergi dan juga bergotong royong dalam upaya membangkitkan perekonomian Bali. “Tanpa adanya pengiriman logistik, maka tidak satupun barang bisa sampai pada tempatnya,” ujarnya.

1bl#bn-10/11/2021

Menurutnya, potensi Bali dalam sangat berpeluang. Hanya saja kapasitas di Pelabuhan Benoa perlu dimaksimalkan sehingga kapal-kapal cargo bisa sandar di pelabuhan ini. “Jadi Bali ini cukup menarik untuk dikembangkan,” imbuhnya. Dia menambahkan, ALFI juga berperan meningkatkan potensi UMKM di tengah pandemi ini. Pihaknya bakal menggandeng dengan instansi terkait lainnya dalam pengiriman logistik UMKM ini. Seperti dengan Dinas Perizinan, Perhubungan, Dekranasda, dan stakeholder lainnya. “Ini kita lakukan sehingga bisa menangkap peluang ekspor dalam upaya membangkitkan UMKM Bali,” harapnya. Sementara terkait Muswil, Bayu Joni Saputra menegaskan bahwa sesuai arahan Ketua Umum ALFI dan juga Gubernur Bali, Wayan Koster, Muswil ini mampu melahirkan pemimpin yang tangguh dalam membawa ALFI Bali ini mampu membangkitkan perekonomian Bali yang tengah terpuruk akibat mewabahnya virus Corona.

1bl#ik-7/11/2021

Di sisi lain, Ketua DPP ALFI/ILFA Yukki Nugrahawan Hanafi mendukung optimalisasi peluang logistik Bali melalui Bandara Ngurah Rai. Sekarang, tinggal bandara terbaik Indonesia melakukan pembenahan tata kelola sehingga lebih efisien dan kompetitif dibandingkan dengan bandara lain. “Jangan terjebak pada tarif tetapi volume dibesarkan terutama kelola infrastruktur di di bendara,” tegasnya. Mengingat Bali letak strategis di kawasan ASEAN maupun Asia Pasifik, diharapkan bisa menangkap peluang tersebut dengan baik. Apalagi kebijakan pemerintah pusat selalu memberikan prioritas kepada sektor logistik begitu besar, sepanjang pandemi tidak pernah diberlakukan buka tutup. “Jika dibandingkan dengan negara lain, Singapura dan China saja buka tutup, sehingga mereka alami kendala distribusi logistik,” ungkapnya.

1bl#ik-6/11/2021

Selain itu, akibat perang dagang antara China, India dan Amerika. Justru Indonesia mendapatkan banyak keuntungan, permintaan furnitre dan tekstil meningkat 3-4 persen. Persentase itu cukup berarti bagi dalam negeri dalam dongkrak pertumbuhan dan penyerepan tenaga kerja. Bali punya potensi tersebut, disamping potensi pertanian dan perikanannya. Dimanfaatkan pula monetum Bali tuan rumah G20 dan perhelatan B20, rangkaiannya sudah mulai dari tanggal 1 Desember 2021. Sedangkan Ketum Kadin Indonesia Bali Made Ariandi mengharapkan Bandara Ngurah Rai bisa mendukung peluang tersebut dalam mempercepat pemulihan ekonomi Bali. Dengan memperbesar kapasitas dan volume ekspor barang-barang dan produk lokal Bali sesuai trend kebutuhan. Memang bandara yang siap dalam pengiriman cargo lewat udara selain Bali, yakni Surabaya, Semarang dan Jakarta. Keunggulan itu dioptimalkan dulu dengan fasilitas dan infrastruktur yang ada, sembari menunggu rampungnya Pelabuhan Benoa. gga/aya/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close