Nasional

Mulai 10 Maret 2024, Jalan Tol Bali Mandara Ditutup 32 Jam

Hormati Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Çaka 1946


Denpasar, PancarPOS | Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: 7 tahun 2023, tanggal 24 Oktober 2023, tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2024, PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Bali Mandara, akan menutup operasional jalan tol selama 32 Jam dalam rangka menghormati perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari Senin, tanggal 11 Maret 2024. “Operasional Jalan Tol Bali Mandara akan ditutup sementara secara keseluruhan mulai hari Minggu, 10 Maret 2024 pada pukul 23.00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Selasa,12 Maret mulai pukul 07.00 Wita setelah Hari Raya Nyepi,” ujar Direktur Keuangan PT Jasamarga Bali Tol I Wayan Eka Saputra.

1bl#ik-016.1/3/2024

Eka Saputra menegaskan bahwa penutupan ini bertujuan untuk menghormati dan mendukung perayaan Hari Raya Nyepi, yang memiliki makna penting bagi Umat Hindu di Bali. Meskipun demikian, jalan tol tetap dapat digunakan dalam situasi darurat seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan kendaraan darurat lainnya. Namun, PT JBT mengimbau agar kendaraan darurat selalu didampingi oleh pecalang atau instansi terkait sesuai dengan SOP yang berlaku. Eka Saputra menyampaikan bahwa selama Nyepi, akan tetap ada petugas Tol yang berjaga bilamana nantinya ada kendaraan darurat yang melintas. Beliau meyakinkan bahwa semuanya akan dijalankan sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar SOP maupun awig-awig yang telah ditetapkan. Hal ini dikerahkan untuk memberikan pelayanan Tol yang optimal kepada masyarakat.

Selain penutupan dalam rangka Nyepi, PT JBT juga turut mendukung upacara Melasti, yang tradisionalnya dilaksanakan menjelang Hari Raya Nyepi. Upacara Melasti pada tahun ini dilaksanakan pada Hari Jumat, 8 Maret 2024, di tempat Pemelastian Desa Adat Pedungan. Dalam mendukung kelancaran acara tersebut, PT JBT mengerahkan Tim Patroli dan berkoordinasi dengan Polres Benoa, Polisi Lalu Lintas Induk VI Ditlantas Polda Bali, dan Pecalang untuk pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa hingga lokasi Melasti. “Nantinya selama kegiatan Melasti berlangsung akan diberlakukan contra flow sementara pada jalan akses Pelabuhan Benoa, dari pukul 05.00 Wita hingga selesai. Jalan akses bagian timur dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan sampai dengan lokasi Melasti dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan upacara Melasti. Sedangkan jalur sebaliknya, dari  Pelabuhan ke arah Pesanggaran difungsikan dua arah atau contra flow,” terang Eka Saputra selama Konferensi Pers berlangsung.

1th#ik-014.25/2/2024

Selain menyiagakan Petugas Patroli Jalan Tol, PT JBT juga menyiagakan Petugas Kebersihan di sekitaran lokasi upacara dan ambulan Jalan Tol yang siaga di lokasi. Eka Saputra juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan area pemelastian dan selalu mematuhi arahan petugas. Sementara itu, Manager Operation & Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi Ginantra juga mengungkapkan bahwa seiring dengan pulihnya sektor pariwisata di Bali, pada tahun 2023 terjadi peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara. Jumlah kendaraan yang melintasi Tol mencapai 14,2 juta, dengan rata-rata 38 ribu kendaraan setiap hari. Angka ini mencerminkan peningkatan lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara sebesar 61% dibandingkan dengan tahun 2022, di mana jumlah kendaraan mencapai 8,7 juta atau rata-rata 24 ribu kendaraan per hari.

Meskipun terjadi peningkatan volume lalu lintas dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Gandi menekankan bahwa volume lalu lintas pada tahun 2023 belum sepenuhnya pulih pasca pandemi. Jumlah kendaraan masih lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2019, di mana pada saat itu volume lalu lintas mencapai 16,3 juta dengan rata-rata 45 ribu kendaraan per hari. Oleh karena itu, PT JBT mengupayakan langkahlangkah proaktif seperti peningkatan kualitas layanan dan infrastruktur untuk mendukung peningkatan dan optimalisasi volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara. “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pengoperasian Jalan Tol Bali Mandara selama tahun 2023. Dukungan ini turut berperan dalam kesuksesan pencapaian volume lalu lintas yang meningkat,” ujar Gandi.

1th#ik-072.21/8/2023

Dalam kesempatan yang baik ini, Eka Saputra menambahkan, “Kami, atas nama seluruh jajaran Komisaris, Direksi, dan Karyawan JBT, mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Çaka 1946. Semoga kedamaian dan kesejahteraan senantiasa menyertai kita semua. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang telah diberikan, dan kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Bali dan para pengguna Jalan Tol Bali Mandara.” tutup Eka Saputra. ama/ksm/kel

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button