Daerah

Gelar Buka Puasa Bersama, Kagama Bali Dorong Kebersamaan dalam Keberagaman


Denpasar, PancarPOS | Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Bali menggelar acara buka puasa bersama di Bulan Ramadhan pada Jumat (29/3/2024). Acara di Warung Kubukopi Denpasar ini dihadiri puluhan anggota lintas angkatan dan jurusan. Ketua Kagama Bali IGN Agung Diatmika menyebut, acara itu dimaksudkan untuk merekatkan ikatan kekeluargaan anggota Kagama. “Disini kita sudah terbiasa dengan anggota yang memiliki keberagaman latar belakang agama tapi tetap saling menghormati,” katanya.

1bl#ik-016.1/3/.2024

Keberagaman itu, kata notaris senior ini, semestinya bisa dikelola bersama untuk menjadi modal memajukan bangsa. “Sesuai dengan moto kagama, yaitu guyub, rukun dan migunani,” tegasnya. Dia mengingatkan bahwa pasca pemilu 2024, akan banyak agenda-agenda politik yang bisa memecah masyarakat dalam berbagai kepentingan. Karena itu, kebersamaan dalam keberagaman perlu dimaknai pula dalam situasi pilihan-pilihan yang berbeda tapi tetap dalam ikatan keluarga bangsa.

Sementara sejarawan Arya Suharja yang diminta memberikan renungan Ramadhan mengungkap, dalam berbagai agama selalu ada cara-cara untuk mendisiplinkan fisik manusia agar tetap di bawah kendali spiritualitas. “Bentuknya bisa bermacam-macam tetapi tujuannya sama,” katanya. Kendali spiritual, tegasnya, menjadi kian penting di tengah kehidupan dunia yang semakin materialistis dan membuat manusia gampang terjebak di dalamnya. Di sisi lain, kendali itu akan mengarahkan pada kepedulian yang lebih tinggi kepada sesama manusia.

1th#ik-014.25/2/2024

“Melalui ibadah itu, ego kita ditundukkan agar mencapai hal-hal yang lebih mulia dan lebih tinggi daripada sekedar pencapaian fisik semata,” tegasnya. fki/ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button