Olahraga dan Pendidikan

Pelatihan Pelaksanaan Uji OSCE Institusi Keperawatan Berstandar Nasional


Badung, PancarPOSProgram Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PSSKPPN FK Unud) melaksanakan kegiatan Pelatihan Pelaksanaan Uji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Institusi Keperawatan yang Berstandar Nasional pada hari Minggu-Rabu, 16-19 April 2023 yang diketuai oleh Ns. I Made Suindrayasa, S.Kep., M.Kep. Kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Pelatihan dilaksanakan selama empat hari secara blended dengan mengundang Dr. I Made Kariasa, S.Kp., MM., M.Kep., Sp.Kep.MB dan Dr. Ns. Tri Budiati., M.Kep., Sp.Kep.Mat sebagai narasumber dari Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Jenis pelaksanaan kegiatan berupa seminar, diskusi kelompok dan tanya jawab.

Materi yang diberikan pada hari pertama secara online antara lain terkait struktur penyelenggaraan OSCE, standar fasilitas OSCE, blueprint uji kompetensi dan matriks pengembangan item berdasarkan blueprint, peran dan fungsi komponen: KOC, penguji dan pelatih klien standar, serta diskusi dan latihan pengembangan matriks. Pada hari kedua, pemberian materi melaui online dengan topik pengembangan soal OSCE dan rubrik penilaian, standar setting, serta mereview soal OSCE sekaligus dengan diskusi dan latihan. Pada hari ketiga, materi yang disampaikan yaitu standard setting dan latihan, dan persiapan penyelenggaraan OSCE H-1. Pada hari keempat, kegiatan yang dilaksanakan yaitu, simulasi penyelanggaraan ujian station OSCE, dan rencana tindak lanjut.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan adalah untuk memberikan gambaran dan persiapan dalam penyelenggaraan pelaksanaan Uji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) institusi keperawatan yang berstandar nasional. Saat ini jumlah institusi pendidikan keperawatan semakin bertambah dan mempengaruhi kualitas lulusan, sehingga diperlukan upaya untuk menstandarisasi lulusan. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberlakukan uji kompetensi melalui Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) dengan metode OSCE. Melalui OSCE format penilaian dapat lebih kredibel untuk mengevaluasi kompetensi klinis mahasiswa keperawatan dibandingkan dengan metode Traditional Clinical Examination (TCE).

Peserta pelatihan terdiri atas seluruh dosen PSSKPPN FK Unud sejumlah 28 orang, staf laboran, dan perwakilan Clinical Instructor (CI) dari RSUP Prof. dr. IGNG Ngoerah dan RS Universitas Udayana. Harapannya melalui kegiatan ini PSSKPPN dapat meningkatkan kemampuan pengelola Prodi Keperawatan, seperti mengembangkan matriks, mengembangkan soal OSCE dan rubrik penilaian, mempersiapkan standar setting, fasilitas, mereview soal ujian OSCE dan persiapan lainnya yang diperlukan dalam mempersiapkan kegiatan OSCE Keperawatan.

Sumber: http://www.unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button