Hukum dan Kriminal

Terancam Denda Rp500 Juta, Wedakarna Beberkan Hasil Gugatan Empat Media


Denpasar, PancarPOS | Dewan Pers akhirnya merespon laporan Senator Dr. Arya Wedakarna yang biasa disapa AWK, terkait dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh empat media, yakni Koran Tribune Bali, Tribune Bali.com, Media Bali dan Media Hindu yang diduga melanggar kode etik jurnalistik di UU No.40 tahun 1999 tentang Pers.

1bl/bn#23/1/2021

Seperti ditulis dalam sosial media akun Instagram aryawedakarna, Senin (25/1/2021) malam menyebutkan dalam sidang mediasi yang dilakukan Dewan Pers telah diputuskan dalam risalah bahwa beberapa tulisan yang dimuat di media tersebut sebagian dan seluruhnya melanggar kode etik jurnalistik dan wajib memberikan hak jawab kepada AWK.

Bahkan ada temuan bahwa sebagian media tersebut belum terdaftar dan wartawannya belum memiliki sertifikat kompetensi dan bagi media yang tidak melayani hak jawab terancam pidana denda Rp500 juta sesuai pasal 18 ayat 2 UU Pers. Sebelumnya AWK juga melaporkan Radar Bali Jawa Post dan berhasil dengan hak jawab.

1bl-bn#7/1/2020

“Dari kejadian ini AWK ingin memberikan contoh kepada masyarakat agar media cetak dan online mengedepankan coverbothside dan tidak memiliki itikad buruk serta tidak mencampuradukan fakta dan opini sesuai aturan. Astungkara jadi jurisprudensi di Bali,” tulis akun itu. Sayangnya saat dihubungi langsung AWK belum menanggapi pesan lewat aplikasi WhatsAppnya.

Di sisi lain, salah satu media tergugat, yakni Pimpinan Redaksi Media Bali, Wayan Suyadnya ketika dihubungi menanggapi santai gugatan itu. “Santai Saja,” jawabnya singkat. Sementara itu, tiga media lainnya sampai berita ini diturunkan belum bisa dimintakan konfirmasi terkait gugatan itu. tim/net/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close