Olahraga dan Pendidikan

53 Peserta dari 4 Universitas di Tiongkok Ikuti Winter Camp KUI Unud


Badung, PancarPOSUniversitas Udayana (Unud) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menyelenggarakan Winter Camp Programs 2024. Ini merupakan kali pertama KUI Unud menyelenggarakan program Winter Camp. Program ini dipersiapkan dalam rangka mendukung internasionalisasi dan juga sebagai implementasi penandatanganan MoU antara Universitas Udayana dengan Nanchang University, Beijing University of Civil Engineering and Architecture, Henan University of Urban Construction, dan Shandong Jianzhu University. Winter Camp yang akan berlangsung selama seminggu yakni 22 hingga 27 Januari 2024 ini diikuti 53 peserta yang terdiri atas 50 mahasiswa dan 3 dosen.

Koordinator KUI Unud Senja Pratiwi, Ph.D mengatakan, program ini direncanakan pada bulan November 2023. Awalnya hanya menargetkan 15 peserta. Namun setelah dilakukan promosi kurang dari satu bulan hasilnya sudah ada lebih dari 80 mahasiswa yang berminat, namun karena ada beberapa kesulitan administrasi dalam hal pembuatan paspor yang dialami mahasiswa hanya 50 orang yang akhirnya dapat mengikuti kegiatan Winter Camp ini.

 

“Kami sangat bersyukur jumlah mahasiswa yang berminat dan berpartisipasi jauh melebihi perkiraan awal kami. Hal ini menjadi bukti bahwa kegiatan tersebut menarik dan bermanfaat bagi para mahasiswa,” ujar Senja Pratiwi.

Winter Camp ini dilaksanakan dengan menyeimbangkan kegiatan belajar mengajar di dalam dan luar kelas. Selama satu minggu terdapat tiga jenis kegiatan mahasiswa selama di Bali yakni kegiatan belajar di kelas mengenai sejarah hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia) dan komunikasi dalam bahasa Inggris dan Indonesia; cultural activities yakni mahasiswa diajarkan dasar-dasar tari Bali, aksara Bali dan membuat gebogan buah, bunga dan canang sari.

Untuk kegiatan leisure activity mahasiswa akan diajak ke rumah tua di Desa Marga, Bedugul Botanical Garden, Pura Ulun Danu. Secara keseluruhan, kegiatan Winter Camp ini menawarkan pendekatan artistik yang unik dan budaya untuk mendorong pengembangan peningkatan keterampilan akademik dan sosial siswa, pengembangan keterampilan komunikasi, serta keterampilan tari dan seni kreatif.

Pihaknya berharap, program ini menciptakan kenangan yang tidak terlupakan bagi mahasiswa dan dapat berkontribusi terhadap perkembangan mahasiswa secara holistik. Intinya, Program Winter Camp ini menyediakan platform yang memperkaya dan holistik yakni mahasiswa belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan, menjalin persahabatan, dan menciptakan kenangan bagi mahasiswa yang berpartisipasi di dalamnya.

Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam sambutannya menyampaikan tujuan Universitas Udayana adalah mencapai World Class University, dan internasionalisasi merupakan salah satu program untuk mencapai tujuan tersebut. Kerja sama dengan 4 institusi pendidikan di China ini juga merupakan bagian dari internasionalisasi Universitas Udayana yang memberikan dampak signifikan khususnya dalam hal pertukaran budaya kedua negara.

 

Rektor mengapresiasi seluruh peserta dan universitas yang berpartisipasi dalam acara ini untuk meningkatkan kapasitas dalam pembangunan internasional dan kontribusi bagi Universitas Udayana. Banyak kegiatan baik indoor maupun outdoor telah disiapkan oleh KUI dan berharap peserta menikmatinya dan mendapatkan banyak manfaat dari program ini.

 

“Kami berterima kasih atas dukungan dan kerja keras yang luar biasa dari Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana dalam hal mendorong kerja sama internasional. Ini merupakan acara Winter Camp pertama yang diselenggarakan oleh International Office Universitas Udayana dan kami berharap semakin banyak mahasiswa internasional yang datang ke Universitas Udayana tidak hanya untuk Winter Camp, Summer Camp, dan program internasional lainnya, dengan peserta yang berasal dari berbagai negara,” ujar Rektor.

Sumber: http://www.unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button