Nasional

Antrean Tembus 600 Pasien/Hari, BPJS Kesehatan Adopsi RSU Puri Raharja Jadi Pilot Project Program LARAS


Denpasar, PancarPOS | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Denpasar berkunjung ke Rumah Sakit Umum (RSU) Puri Raharja di Jl. W.R Supratman No.14 dan 19, Denpasar – Bali, pada Selasa (21/11/2023). Kunjungan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, Nyoman Wiwiek Yuliadewi diterima langsung oleh Direktur RSU Puri Raharja, dr. Gede Bagus Darmayasa, MM., M.Repro., dalam rangka RSU Puri Raharja dipercaya sebagai pilot project atau menjadi contoh program “Optimalisasi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit” (LARAS) sebagai program baru BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

1th#ik-072.21/8/2023

BPJS Kesehatan adopsi RSU Puri Raharja sebagai pencontohan program LARAS, karena pasien rawat jalan/poliklinik melebihi 300 pasien/hari, dari antrean pasien dan komitmen management menjalankan program-program dari BPJS Kesehatan. “Bahkan antrean sampai tembus 600 pasien/hari jika pada hari-hari tertentu, seperti Senin atau Selasa hari ini,” kata Dr. Bagus sapaan akrab Direktur UPTD Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali periode tahun 2014 hingga 2017 itu, seraya menjelaskan program LARAS ini, adalah program bagaimana agar pasien yang berobat ke unit rawat jalan atau Poliklinik tidak terlalu lama mengantre.

Direktur Rumah Sakit Umum Puri Raharja, Dr. Gede Bagus Dharmayasa, M. Repro. (foto: ist/net)

“Artinya waktu mengatresnya pasien akan diminimalisir. Nanti akan ada kolaborasi antara tim BPJS Kesehatan dan tim dari RSU Puri Raharja untuk mencari penyebab dan akar masalah dari menumpuknya antrean pasien. Dengan cara mengikuti alur pasien, dari saat masuk sampai keluar dari Poliklinik,” ungkap Direktur Rumah Sakit Bali Mandara (Direktur RSBM periode tahun 2018-2020) yang dilantik pada Selasa, 3 Juli 2018 oleh Gubernur Bali, Dr.Ir. Wayan Koster, MM., itu. Diharapkan nanti setelah selesai program selama 4 bulan akan ada perbaikan dari pelayanan pasien di Poliklinik, sehingga bisa diterapkan di rumah sakit lain.

1th#ik-087.27/10/2023

Di sisi lain, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, Nyoman Wiwiek Yuliadewi menegaskan program LARAS ini sudah diujicobakan di Rumah Sakit Depok dengan hasil yang baik. Karena itu, BPJS Kesehatan bersama RSU Puri Raharja berupaya keras meningkatkan pengalaman pasien guna meningkatkan pelayanan, sekaligus menumbuhkan kinerja rumah sakit. “Umpan balik dari pasien dipastikan akan menjadi masukan berharga bagi rumah sakit sebagai upaya memajukan pelayanan,” katanya. Untuk itu, BPJS Kesehatan telah mengembangkan program LARAS, sebagai layanan pendaftaran dan aduan yang terintegrasi.

Direktur RSU Puri Raharja, dr. Gede Bagus Darmayasa, MM., M.Repro., saat bersama pasien. (foto: ist)

Melalui pogram ini diharapkan dapat memudahkan pasien dalam hal pendaftaran, informasi jadwal dokter, dan pengaduan yang dilakukan secara online. ama/ksm/kel

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button