Politik dan Sosial Budaya

Gemakan 4 Pilar Kebangsaan di Desa Padangan, Lagi-lagi Made Urip Bagikan Sembako dan Uang Tali Kasih


Tabanan, PancarPOS | Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., sebagai Anggota MPR RI kembali menggemakan 4 Pilar Kebangsaan di Desa Padangan, Pupuan, Tabanan, Selasa (20/4/2021) sore. Sebelumnya, Wakil Rakyat Sejuta Traktor itu, secara maraton menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Tengkudak, Penebel, Tabanan, Sabtu (17/4/2021) sore, yang dilanjutkan di Desa Blumbang, Kerambitan, Tabanan, Minggu (18/4/2021) sore, serta Banjar Pasekan, Desa Abiantuwung, Kediri, Tabanan, Minggu (18/4/2021) malam. Di sela-sela agenda sosialisasi tersebut, seperti biasanya, Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian dan Lingkungan Hidup yang akrab disapa M-U ini, membawa oleh-oleh bantuan Sembako, berupa beras 5Kg dan mie instan serta uang tali kasih yang dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir. Kedatangan Anggota Komisi IV DPR RI yang terpilih lima periode dengan suara terbanyak ketujuh nasional itu, disambut Perbekel Desa Padangan, bersama Bendesa Adat, beserta Pengurus Ranting dan Anak Ranting maupun Relawan Tempur PDI Perjuangan dan Pengurus STT dari lima desa se-Kecamatan Pupuan dengan protokol kesehatan yang ketat.

1bl#ik#13/4/2021

Kehadiran Made Urip saat sosialisasi dengan dua narasumber Ir. I Wayan Gunadi dan I Nyoman Kartika, juga didampingi tokoh masyarakat Pupuan yang juga mantan Anggota DPRD Bali I Gede Suamba, serta Anggota DPRD Tabanan Fraksi PDI Perjuangan, I Gede Purnawan. Menurut Ketua Relawan Tempur I Kadek Astrawan bersama I Putu Pramana Usada mengakui sosialisasi yang digalakan Made Urip sangat berguna untuk menambah wawasan 4 Pilar Kebangsaan, khususnya bagi generasi muda agar bisa menambah ilmu kebangsaan ini. “Diharapkan sosialisasi Pak Urip bisa terus digalakan dan diterapkan maupun diimplementasikan di masyarakat. Apalagi dihadiri langsung oleh Pak Made Urip yang memberikan ajaran 4 Pilar Kebangsaan ini,” bebernya. Sementara itu, Gede Suamba selaku tuan rumah menyambut hangat kedatangan Made Urip bersama jajaran PDI Perjuangan. Dikatakan pertemuan ini menjadi agenda rutin Made Urip sebagai Anggota MPR RI untuk memperkuat pemahaman 4 Pilar Kebangsaan ke seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, sebagai salah program utama MPR RI untuk membina dan membimbing masyarakat menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara, yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konsitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

1bl#ik-15/4/2021

“Maka dari itulah Pak Made Urip membawa program ini, sehingga bisa lebih memaknai 4 Pilar lebih mendalam. Agenda ini hampir di semua kecamatan di Tabanan dan seluruh wilayah di Bali, sekaligus sebagai temu kangen dengan Pak Made Urip,” ujarnya, seraya ditambahkan, Gede Purnawan yang mengaku mengikuti arahan Made Urip saat agenda reses ikut bersama-sama menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Untuk itu, apapun yang disampaikan terkait 4 Pilar Kebangsaan tidak akan berguna jika tidak bisa diimplentasikan dan wajib hukumnya diterapkan di masyarakat. Apalagi 4 Pilar ini menjadi dasar negara yang susah payah diciptakan oleh Bapak Pendiri Bangsa Bung Karno. “Karena begitu banyak ribuan pulau kita masih tetap utuh, apalagi banyak yang ingin memecah dan menganti dengan ideologi salah satu agama. Saya mewakili masyarakat berharap 4 Pilar yang selalu digaungkan oleh Pak Urip dan bisa menjadi kader kita terus melanjutkan perjuangan di DPR RI. Karena sekarang baru lima periode, sehingga dimana Pak Made Urip berada disana pasti ada Tempur,” ungkap Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Tabanan ini. Hal senada disampaikan Perbekel Padangan I Wayan Wardita yang sangat bangga Made Urip bisa hadir langsung menyampaikan 4 Pilar Kebangsaan, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara hingga ke pelosok desa menjadi lebih baik.

1bl#ik#13/4/2021

“Terimakasih atas kedatangan Pak Made Urip, nantinya program-program di desa kami akan disampaikan di kesempatan yang lain,” imbuhnya. Di sisi lain, Made Urip menegaskan setiap Pemilu selalu mendapat dukungan masyarakat Padangan dan Kecamatan Pupuan. “Saya dapat suaranya pull, sehingga matur suksma ida dane sareng sami,” bebernya. Terkait 4 Pilar Kebangsaan ini, politisi senior asal Desa Tua, Marga Tabanan itu, mengakui karena negara memang sempat mendapat rongrongan dari luar dan dalam negari yang dikhawatirkan akan terjadi disintegrasi bangsa maupun perpecahan dan memisahkan diri dari NKRI, sehingga dikaji dengan cermat melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. “Karena kita tidak ingin ada sejengkal tanah pun keluar dari NKRI, seperti Aceh dan Papuan misalnya yang kini semua diikat lewat bingkai 4 Pilar Kebangsaan. Tapi yang terpenting sekarang implementasinya di masyarakat tidak saja berpidato berbuih-buih saja, tapi bagaimana prakteknya,” tegas Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini. Ditekankan kembali, sebagai generasi muda wajib meneruskan 4 Pilar Kebangsaan ini. Karena itu sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini akan terus dilakukan, karena meskipun berada di desa wajib memahami wawasan berbangsa dan bernegara. Apalagi sekarang negara sedang mengalami gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19, sehingga disertifikasi pembangunan di Bali harus segera dilakukan dan harus mencerminkan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaaan.

1bl#ik-11/4/2021

Di samping itu, sosialisasi ini harus menyentuh semua lapisan masyarakat, bahkan sampai ke luar negari yang menyasar WNI agar bisa memperkuat pemahaman kehidupan berbangsa dan bernegara. “Jadi saya yakin tantangan ke depan akan lebih berat jika tidak diantisipasi bersama dari sekarang melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini. Untungnya sekarang punya Presiden Jokowi yang sangat berani, seperti membubarkan Petral termasuk tambang emas di Papua diambil alih oleh negara. Karena itu, saya juga harus menjaga 4 Pilar Kebangsaan ini dengan cara diimplementasikan di lapangan,” tutup M-U. tim/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close