Daerah

Bupati Sanjaya Resmikan Tiga Gedung Pemerintahan di Tabanan


Tabanan, PancarPOS | Optimalisasi pelayanan publik kepada masyarakat dalam masa pemerintahan Tabanan Era Baru, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., resmikan Gedung Pemerintahan yang akan dimanfaatkan oleh tiga Perangkat Daerah, yakni Badan Riset dan Inovasi Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan guna mewujudkan pelayanan publik yang lebih ideal, Sabtu (16/3/2024). 

Turut hadir saat itu, para Asisten Setda Tabanan, Inspektur, Para kepala OPD terkait, para Camat se-Kabupaten Tabanan, serta seluruh staff dari Brida, Badan Kesbangpol dan Dinas Pariwisata yang nampak memadati lokasi acara. Pekerjaan Pembangunan gedung yang telah dilakukan sejak tahun 2023 ini, rampung diresmikan, baik secara sekala dan niskala melalui pemelaspasan yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu.

Pembangunan Gedung dilakukan, mengingat banyaknya gedung Pemerintahan di Kabupaten Tabanan yang telah memasuki usia lebih dari 20 tahun dan saat ini dalam kondisi yang kurang layak pakai. Selain itu juga, banyak dari kantor Perangkat Daerah yang perlu diatur tata letaknya. Oleh karenanya, diperlukan peremajaan gedung Pemerintah serta penataan letak kantor agar memudahkan berkoordinasi dan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Sanjaya saat itu menyampaikan, hal tersebut menjadi dasar perbaikan terus dilakukan saat masa pemerintahan Jaya-Wira. Langkah nyata ini, pada dasarnya diarahkan guna menumbuhkan kembali citra Pemerintahan yang solid, kerja cerdas, kerja lurus dan kerja fokus. Sebagaimana gedung pemerintahan di sini yang merupakan gedung tiga Perangkat Daerah, yang dibangun atas semangat memberikan pelayaan terbaik bagi masyarakat Tabanan. Dibangun atas satu kesatuan yang mencirikan pembangunan Tabanan tidak bisa dilakukan oleh satu perangkat daerah saja, namun berkolaborasi dalam satu derap langkah dan semangat,” jelasnya. 

Bagi Sanjaya, ini juga menjadi modal utama dalam pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tabanan. Pembangunan gedung Pemerintahan, juga akan dilakukan secara simultan di tahun 2024 ini, diantaranya Gedung Dinas Lingkungan Hidup, Gedung Satpol PP, Gedung Badan Penanggulangan Bencana, Gedung Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Kantor Camat Tabanan. Sekali lagi saya sampaikan, pembangunan ini semata-mata sebagai bentuk kerja dan karya nyata pemerintahan Jaya-Wira dalam mewujudkan Tabanan Era Baru,” papar orang nomor satu di Tabanan itu lebih lanjut. 

Pihaknya juga menyampaikan, terutama kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk dapat memanfaatkan gedung ini, bersama-sama menjaga, memelihara dan memanfaatkan dengan baik serta dapat menunjukkan integritas dalam melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat Tabanan.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Dinas PUPRPKP, Made Dedy Darmasaputra dalam laporannya, Pembangunan Gedung Pemerintah Kabupaten Tabanan secara penampilan, menggunakan unsur modern tropis dan arsitektur tradisional Bali. Hal tersebut berdasarkan inisiasi dan gagasan dari Bupati Tabanan. Bahwasanya, bangunan di Tabanan haruslah memliki ciri khas Tabanan. Nampak Façade bangunan yang mencirikan identitas gedung dengan mengadopsi bentuk jineng dan penggunaan material Bata serta aksen cawan pada pilar yang merupakan produksi lokal Kabupaten Tabanan.

Diharapkan dengan adanya fasilitas gedung Pemerintah yang baru ini, akan meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan. Ke depan, kami Dinas PUPRPKP Kabupaten Tabanan akan terus bersinergi dengan seluruh perangkat daerah lainnya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada bidang infrastruktur dan penyediaan infrastruktur yang memadai dan beradaptasi pada kemajuan jaman,” papar Dedy. mas/ama/*

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button