Daerah

Walikota Jaya Negara Buka Musrenbang Kecamatan Denpasar Timur Tahun 2025


Denpasar, PancarPOS | Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Denpasar Timur Tahun Anggaran 2025 yang ditandai dengan pemukulan Gong di Hotel Puri Nusa Indah, Denpasar, Kamis (18/1/2024). Kegiatan yang mengusung tema Peningkatan Kapasitas SDM untuk pertumbuhan yang berkualitas ini diharapkan mampu menjaring partisipasi seluruh elemen dalam mendukung pembangunan di Kota Denapsar, khususnya Denpasar Timur.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Kota Denpasar, Putu Wisnu Wijaya Kusuma, Kadis DPMD Kota Denpasar, I Wayan Budha, Kabag Hukum Setda Kota Denpasar, Komang Lestari Kusuma Dewi, Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati, Perwakilan Kapolsek Denpasar Timur, Perwakilan Danramil, Perbekel/Lurah se-Kecamatan Denpasar Timur, serta undangan lainya.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutannya menjelaskan, guna pencapaian pembangunan yang maksimal, diperlukan perencanaan pembangunan. Dimana, Musrenbang ini diharapkan menjadi wadah pembahasan usulan guna menciptakan terobosan dan program prioritas.

“Berbagai peramasalahan dan tantangan harus ditanggulangi dengan pengembangan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya secara efisien,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, musyawarah pembangunan desa/kelurahan menghasilkan program yang menjadi bahan acuan dalam menyusun program pembangunan kecamatan. Tentunya setiap program pembangunan yang diusulkan agar diseleksi sebagai penajaman prioritas guna memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Tentunya kami berharap melalui Musrenbang ini dapat menjadi wahana diskusi yang konstruktif dalam rangka menetapkan dan memantapkan program prioritas pembangunan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat sesuai Visi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju,” ujarnya.

Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati menjelaskan, pembangunan desa/kelurahan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Sehingga keterlibatan masyarakat baik dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan sangatlah penting. Hal ini guna menggugaj rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Dikatakannya, pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan mampu memberikan dorongan kepada lembaga yang ada ditingkat desa/kelurahan untuk berperan aktif dalam pembangunan. Sehingga peningkatan kesejahteraan dengan pengelolaan SDM secara efisien menuju masyarakat bahagia dapat tercapai.

“Tentunya melalui peran serta masyarakat akan mampu dilakukan penghimpunan serta analisa terhadap setiap program yang menjadi usulan untuk bisa ditetapkan menjadi program prioritas pembangunan,” ujarnya

Dikatakannya, dalam Musrenbang Kecamatan Denpasar Timur Tahun 2025 ini terdapat 74 usulan program. Hal tersebut terdiri atas Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Program Drainase dll sebanyak 43 usulan, Bangunan Gedung sebanyak 5 usulan, Penataan Sungai dengan jumlah 9 usulan, sarana dan prasarana fasilitas umum sebanyak 17 usulan dengan nilai keseluruhan Rp. 27.762.603.455.

“Tentunya peningkatan infrastruktur, pendidikan dan pembangunan SDM jadi prioritas sebagai upaua mensiptakan akselerasi wujudkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya. mas/ama/*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button