Hukum dan Kriminal

“Tulah Hidup”, Ketua DPRD Bali Larang Desak Darmawati Datang ke Bali


Denpasar, PancarPOS | Video viral Desak Made Darmawati yang tersebar luas di media sosial diduga telah melecehkah salah satu agama di Bali. Imbasnya sejak video tersebut direkam dan diunggah oleh salah akun media sosial mendapat protes keras masyarakat Bali, terutama umat Hindu, bahkan dari umat lainnya. Untuk meredam aksi berlebihan masyarakat, Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama, saat dihubungi via telpon meminta agar Desak Darmawati sementara waktu jangan datang ke Bali. Alasan mantan Bupati Tabanan dua periode ini melarang Desak Darmawati pulang ke Bali, karena masyarakat dirasakan sudah panas dan agar tidak memancing emosi berlebih masyarakat.

1bl#ik#13/4/2021

“Gak usah ke Bali sementara waktu, apa pun alasannya. Masyarakat Bali sudah panas itu. Desak gak usah datang ke Bali apa pun alasannya sementara waktu, karena semua rakyat Bali sudah panas,” tegas politisi senior PDI Perjuangan ini, seraya menegaskan ceramah Desak Darmawati dalam unggahan video tersebut menandakan sikap oang yang sudah “tulah hidup”. “Menurut saya ini orang ini tulah hidup kan biasa seperti itu, ngawur dia ngomong. Kalau tulah hidup di mata Hindu kepalanya di bawah, sedangkan kakinya di atas. Jadi tidak waras, karena kakinya di atas kepalanya di bawah. Karena tulah hidup itu, dia juga sudah menghina bapak ibunya yang sudah menciptakan dia itu,” sebut Adi Wiryatama.

1bl#ik#13/4/2021

Di sisi lain, ditegaskan sebagai negara kesatuan dan kesatuan pernyataaan Desak Darmawati sudah mencederai NKRI. Padahal sebagai seorang Muslim sepatutnya tidak memberi ceramah seperti itu, karena sangat bertentangan dengan rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama, khususnya di Bali. “Kalau dia ngaku muslim kan banyak sodara dan teman saya, termasuk warga saya sangat toleransi semua. Sangat rukun dan menghargai satu sama lainnya. Sangat indah itu hidup dengan umat Islam juga itu. Jadi apa ini? Kasian kan orang-orang Islam yang tercoreng dengan orang kayak begini. Teman-teman Muslim saya himbau jangan sampai Muslim dibawa tersudut oleh manusia kayak begini ini,” tegasnya.

1bl#ik-15/4/2021

Karena itulah, sebagai pimpinan tertinggi di legislatif di Provinsi Bali mendesak agar PHDI harus segera turun dan bertindak. “FKUB sudah saya telpon, mintalah segera ditindak. Jika tidak segera ditangani akan semakin rusuh jadinya. Rasa persatuan dan kesatuan kita bisa hancur nanti. Dihancurkan oleh seseorang yang tidak berjudul ini. Kan kasian,” tutupnya. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close