Olahraga dan Pendidikan

Dosen FTP Unud Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Tulikup dan Desa Sidan


Gianyar, PancarPOSFakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unud telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada 7 Mei 2023 di Balai Banjar Meranggi, Desa Tulikup. Tema kegiatan yang dilakukan yaitu “Langkah Bersama Perubahan Nyata”. Kegiatan ini dibuka Dekan FTP dan  dihadiri oleh Wakil Dekan I, II dan III FTP Unud, Ketua KWT Desa Tulikup dan Desa Sidan beserta anggota, koordinator masing-masing program studi beserta dosen di lingkungan FTP Unud beserta Ketua Lembaga Mahasiswa di lingkungan FTP Unud.

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Desa Sidan dan Desa Tulikup. Pada kesempatan ini, seluruh prodi di lingkungan FTP Unud berkolaborasi dan memberikan pelatihan guna untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh desa. Program Studi Sarjana Teknologi Pangan memberikan pelatihan terkait Introduksi Pengolahan Ubi Ungu Menjadi Biskuit PMT dan Mie Kering dari Daun Kelor yang diberikan oleh Dr. Ni Nyoman Puspawati, S.TP., M.Si., Program Studi Teknologi Industri Pertanian yang diwakili oleh Dr. Ir. Amna Hartiati, MP. memberikan pelatihan terkait Strategi Pemasaran Produk Biskuit dan Mie Kering. Selain itu, Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem diwakili oleh Ida Ayu Gede Bintang Madrini, S.TP., M.Agr., PhD. memberikan pelatihan tentang Proses Pembuatan Eco Enzim dari Limbah Kulit Ubi Ungu dan Jeruk serta Program Studi Magister Teknologi Pangan yang diwakili oleh Ir. Ida Bagus Wayan Gunam, M.P., Ph.D. memberikan pelatihan terkait Proses Pembuatan Wine dari Ubi Ungu. Selain pelatihan, juga terdapat demonstrasi pembuatan biskuit ubi ungu dan mie kelor.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App,Sc., Ph.D. berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi Desa Sidan dan Desa Tulikup untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa terkait. Selain itu diharapkan juga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan guna menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menerapan hasil-hasil penelitian oleh dosen FTP Unud yang nantinya dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat desa untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh desa, ujarnya.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button