Ekonomi dan Bisnis

Jadi Prioritas, Kadin dan Gapensi Bali Siap Sinergi Bangun Infrastruktur


Denpasar, PancarPOS | Gubernur Bali Wayan Koster menginginkan agar infrastruktur yang akan menunjang pertumbuhan perekonomian masyarakat luas agar digenjot dan dijadikan prioritas. Hal itu disambut positif oleh Ketua Umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bali, saat bertemu Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) Bali untuk bersinergi mendukung pembangungan infrastruktur di seluruh Bali. Oleh karena pembangunan infrastruktur akan menghidupkan ekonomi kerakyatan di tengah pandemi Covid-19 yang terus dilakukan dan menjadi perhatian positif Gubernur Koster, sekaligus mewujudkan visi pembangunan Pemerintah Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” di tahun 2021 hingga 2023.

1bl#bn-10/1/2021

“Kita berharap pembangunan Gapensi Bali dilibatkan agar tetap alam, budaya dan manusia tetap terjaga dengan baik, ” kata Ketum Kadin Bali, I Made Ariandi di Kantor Kadin Bali, Denpasar, Jumat (15/1/2021). Diketahui ada lima bidang prioritas dalam Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru dalam visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” yang saat ini sedang diprioritaskan dalam pemulihan perekonomian di masa pandemi Covid-19 adalah bidang pangan, sandang dan papan, bidang kesehatan dan pendidikan, bidang jaminan sosial dan ketenagakerjaan, bidang adat, agama, tradisi, seni dan budaya serta bidang pariwisata. Menurutnya, Gapensi memiliki potensi dan sumber daya begitu besar yang mampu menghasilkan multiplier effect dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat.

1bl#ik-31/12/2020

Untuk itu, pihaknya mengajak Gapensi dapat membaca peluang infrastruktur Bali pada masing-masing kabupaten/kota. Hal itu perlu dicermati dengan baik, mengingat visi Gubernur Bali berharap dapat mengotimalkan potensi dan sumber daya daerah. “Mengingat proyek infrastruktur yang ada di Bali selama ini belum mampu diserap optimal,” ujarnya. Maka dari itu, pembinaan terhadap anggota Gapensi Bali juga dimantapkan sehingga bisa lebih responsif. Sementara itu, Ketua Gapensi Bali, I Wayan Adnyana siap dilibatkan dalam menyukseskan infrastruktur Pulau Dewata baik melalui kerjasama operasi/kemitraan (KSO) atau secara sub kontraktor.

1th#ik-11/10/2020

Bahkan pihaknya, memberikan apresiasi terhadap kebijakan Gubernur Bali yang akan meluncur Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Kontraktor. Untuk itu, regulasi itu benar-benar bisa dijalankan agar potensi daerah dan sumber daya bisa berfungsi maksimal. “Apalagi dengan adanya pembukaan tender secara digital dapat diikuti sehingga dapat bersaing terbuka,” kata Adnyana WKU Kontruksi Kadin Bali. Gapensi Bali memiliki sebanyak 700 anggota, sehingga siap berpartisipasi dalam berbagai bentuk pembangunan infrastruktur, meskipun dalam bentuk keahlian pihaknya hanya butuh 35 persen sumber daya dari luar daerah. aya/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close