Ekonomi dan Bisnis

Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi, KPwBI Bali Tingkatkan Pemahaman Kebanksentralan Terkini


Denpasar, PancarPOS | Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPwBI) Provinsi Bali menggelar Pelatihan Wartawan Ekonomi wilayah kerja Bank Indonesia Provinsi Bali pada Rabu (14/10/2020), yang dibuka Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPwBI) Provinsi Bali, Trisno Nugroho, selama tiga hari dengan narasumber yang berasal dari KPwBI Provinsi Bali, Satuan Kerja Bank Indonesia Kantor Pusat, PWI Pusat dan Koran Nasional. Bank Indonesia menyadari bahwa upaya pencapaian visi untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di emerging market melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil bukanlah sesuatu hal yang mudah. “Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat,” ungkapnya.

1th#ik-11/10/2020

Trisno melanjutkan, Bank Indonesia sebagai bank sentral yang tidak hanya bertugas menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran, namun juga turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kebijakan dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) serta merupakan mitra strategis Pemerintah yang berperan sebagai advisor Pemerintah Daerah. Mengingat media Bank Indonesia khususnya di Bali sering diikutsertakan dalam peliputan ekonomi, QRIS, PSBI dan lainnya, sehingga pelatihan yang diikuti 39 wartawan ini akan sangat bermanfaat sebagai pembekalan dan pemahaman kepada wartawan terkait kebanksentralan, khususnya isu strategis dan kebijakan terkini Bank Indonesia. Untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada wartawan, juga mensinergikan pelatihan wartawan dengan Talkshow Tourism Survival and Revival Strategy Post Covid 19:

KPwBI Provinsi Bali juga melakukan sinergi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme wartawan melalui mendorong wartawan untuk mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). Oleh karena itu, pada kegiatan pelatihan wartawan ini juga akan mengundang narasumber dari PWI Nasional yang merupakan asesor UKW sehingga pada kesempatan dimaksud seluruh peserta di wilayah kerja Bank Indonesia Provinsi Bali akan diberikan satu simulasi uji kompetensi dan diberikan tugas langsung yang akan dikoreksi oleh narasumber. “Harapannya beberapa media yang belum melakukan UKW, dapat memperoleh gambaran dari UKW dimaksud. Hal ini juga penting bagi Bank Indonesia untuk mendorong wartawan memperoleh Sertifikasi Kompetensi Wartawan melalui UKW,” ungkapnya.

2mg#bn-7/10/2020

Di sisi lain, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra mengakui mendapat dukungan dan support yang luar biasa dari BI. Apalagi pelatihan ini sangat pentng bagi para wartawan untuk menambah wawasan dan pers, sekaligus mengadakan uji kompetensi. “Baru 12 wartawan yang mengikuti uji kompeyensi ini, khususnya wartawan yang bertugas di Bi. Ke depan agar bisa lebih banyak lagi uji kompetensi yang bisa diikuti wartawan. Kita harap pers lebih maju bisa diwujudkan ke depan,” tandasnya. tra/ama

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button