Nasional

Wayan Sunada Sosok Dibalik Layar Datangnya Kucuran Bantuan 100 Ton Pupuk Biokonversi ke Bali


Denpasar, PancarPOS | Provinsi Bali menerima bantuan pupuk biokonversi sebanyak 100 ton dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Pupuk cair organik untuk tanaman padi dan jagung ini selanjutnya disalurkan ke para petani di Kabupaten Karangasem, Gianyar dan Klungkung, melalui Dinas Pertanian masing-masing kabupaten. Selain tiga kabupaten tersebut, bantuan pupuk akan datang secara bertahap di akhir April 2021 atau setelah perayaan Hari Raya Galungan. Sebelumnya, telah dilakukan verifikasi calon penerima dan calon lapangan (CPCL). Adalah Dr. I Wayan Sunada, SP., M.Agb., sosok dibalik layar datangnya kucuran bantuan pupuk organik tersebut. Ketika menjabat Kepala UPT Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) pada Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Sunada mengajukan proposal bantuan pupuk ke Kementan.

1bl-bn#7/1/2020

Seiring waktu berjalan, ia dimutasi sebagai salah satu Kepala Bidang di Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali tahun 2020. Namun, Sunada tetap mengawal proposal bantuan pupuknya meski telah pindah tugas. Dan akhirnya, awal 2021, ia kembali dimutasi menduduki jabatan Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali. “Akhirnya setelah kembali ke dinas pertanian, saya cek lagi proposal-proposal yang dulu sempat saya tinggalkan. Nah, kebetulan ada kabar bahwa proposal permohonan bantuan pupuk organik saya ditindaklanjuti awal Maret. Dan akhirnya tahap pertama tiba di Bali hari Senin lalu,” kata Sunada dikonfirmasi di Denpasar, Rabu (7/4/2021), seizin Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Ir. IB Wisnuardhana, M.Si. Peraih gelar doktor pertanian di Universitas Udayana ini menambahkan, apa yang dilakukannya tidak untuk kepentingan pribadi, melainkan sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di Pulau Dewata serta mendukung implementasi Perda Nomor 8 Tahun 2019 tentang Sistem Pertanian Organik di Bali.

Apalagi, Gubernur Koster sangat getol mewujudkan Bali sebagai pulau organik. “Program Bapak Gubernur Koster sangat tepat. Untuk mewujudkan pertanian organik, kita harus jaga keharmonisan alam dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia. Saya selaku bawahan, siap mewujudkan visi-misi pimpinan,” tegas Sunada. Secara lebih luas, Sunada mengaku mendukung penuh Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang dan papan dengan mewujudkan kemandirian pangan, meningkatkan daya tambah, nilai saing pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan para petani Bali. Saking cintanya pada dunia pertanian organik, sejak beberapa tahun lalu Sunada melakukan eksperimen sampai akhirnya dia berhasil menemukan pupuk organik POC BIO-Inokulum Plus dan PESNAB BIO-Inokulum. Ia berharap, pupuk ciptaannya ini berguna bagi seluruh petani di Indonesia, tidak hanya Bali. Sebab, dia mengatakan, penemuannya ini sebagai wujud bakti kepada Nusa dan Bangsa.

1th-ksm#5/2/2021

Sunada mengklaim, BIO-Inokulum temuannya memiliki kualitas unggul, berdasarkan uji coba langsung dan riset dari laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB). BIO-Inokulum, lanjut Sunada, merupakan pupuk dengan bahan dasar yang diambil dari alam, dalam jumlah dan jenis unsur hara yang terkandung secara alami. Sehingga, prinsip-prinsip dasar pertanian organik terpenuhi. Misalnya, menjaga ekosistem tetap sehat, penerapan asas efisiensi pada sistem budidaya, melakukan kegiatan produksi dengan konsep pertanian berkelanjutan, menghasilkan produk bebas pestisida, dan menjaga kelestarian lingkungan. Sedangkan Pupuk Hayati Cair Biokonversi (PHCB) berbahan aktif organisme hidup yang berfungsi untuk menyediakan hara tanah, dan hara dalam tanah bagi tanaman. Pupuk ini diproduksi secara organik, tanpa proses maupun campuran bahan kimia, dan menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman secara natural. tim/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close