Daerah

Ny. Seniasih Giri Prasta Ajak Kelola Sampah Organik Rumah Tangga


Badung, PancarPOS | Kompos Satu Negeri (KSN) merupakan gerakan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat mengelola sampah organik rumah tangga secara serentak. Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Organisasi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) menyelenggarakan kegiatan Kompos Satu Negeri bersama Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma’ruf Amin serta mengundang TP PKK/Dharma Wanita/Ibu-ibu Penggiat Sampah untuk melakukan pengomposan di tempat masing-masing secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Ketua TP.PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta bersama Ketua DWP Kabupaten Badung Ny. Rasniathi Adi Arnawa berkesempatan mengelola proses pembuatan Pupuk Kompos di TPS3R Sapuh Jagat Desa Gulingan, Sabtu (10/6/2023). Acara yang mengambil tema ”Gerakan Hidup Minim Sampah”. Turut hadir mendampingi Ketua TP PKK Badung, Kepala DLHK Kabupaten Badung I Wayan Puja, Perbekel Desa Gulingan I Ketut Winarya, Ketua KPP TPS3R Sapuh Jagat Desa Gulingan I Made Adi Adnyana, berserta TP PKK desa setempat.

Seusai mengikuti pelaksanaan KSN, Ketua TP. PKK Nyonya Seniasih Giri Prasta mengajak untuk bersama-sama mengelola sampah berbasis sumber yang kebetulan di Desa Gulingan, berkaitan dengan penanganan sampah sangat bagus, dimana sampah rumah tangga sudah dikelola di rumah tangga sedangkan sampah Desa dikelola di Desa. “Kami di selaku Ketua TP.PKK senang menyaksikan kegiatan ini, dimana kami sudah rasakan dengan nyata di lapangan sangat luar biasa terhadap penanganan sampah. Kami juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Perbekel Desa Gulingan sudah ikut peduli dengan adanya sampah. Mudah-mudahan di Desa lain bisa melihat secara nyata keberadaan TPS3R Desa Gulingan, dikarenakan bagi kami semua sangat luar biasa, dilihat dari cara pengelolaan, maupun dari segi sampah tertata dengan teratur. Maka dari itu saya selaku Ketua TP. PKK terus mengajak semua PKK maupun DWP di masing-masing Kecamatan sampai di Desa untuk selalu bersama-sama memiliki tanggung jawab terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung I Wayan Puja mengungkapkan, Ketua TP. PKK dan DWP Kabupaten Badung bersama-sama mengikuti program nasional KSN di TPS3R Sapuh Jagat Desa Gulingan. “Kami ucapkan terimakasih kepada ibu TP. PKK dan Ibu DWP maupun penggiat sampah, dimana kegiatan ini sudah serius diikuti, tentu dengan harapan pengelolaan sampah bisa diterapkan di rumah tangga masing-masing, disamping juga peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Pihaknya juga mengatakan, kegiatan pengomposan ini, bertujuan untuk merawat alam di sekitar kita,” ucapnya. mas/ama/*

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button