Politik dan Sosial Budaya

Berkat M-U, Gembala Kecil Kini Resmikan UPPO Lestarikan Sapi Bali

Made Urip: Tidak Semata Mencari Suara, Tapi Komitmen Bersama Membantu Petani


Karangasem, PancarPOS | Kelompok Tani Ternak (KTT) Gembala Kecil di Banjar Taman Sari, Desa Tianyar Barat, Kubu, Karangasem, tak menyangka akan mendapat bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) dari Kementerian Pertanian. Mimpi yang menjadi kenyataan itu, berkat berjuangan Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. I Made Urip, M.Si., yang telah membuktikan bantuan UPPO yang dipelaspas dan diresmikan langsung pada Minggu (8/8/2021), bersama Bupati Karangasem, I Gede Dana, S.Pd., M.Si. Kehadiran Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini khusus membidangi Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup tersebut, disambut hangat Anggota Fraksi PDI Perjuangan Dapil Karangasem yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Bali I Gede Oka Antara, Anggota DPRD Karangasem I Nengah Songkob, beserta I Gede Parwata, I Ketut Suardana serta Anggota DPRD Buleleng Dewa Gede Sugiarto bersama Kepala PPL, Pjs Kades Tianyar Barat, Babinsa dan Babinkamtibmas, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Tianyar Barat. Sebelumnya M-U sapaan akrab Wakil Rakyat Sejuta Traktor ini, juga sempat masimakrama atau tatap muka dengan para “srikandi” petani dan krama subak sekaligus meresmikan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari, Desa Tiying Gading, Selemadeg Barat, Tabanan, Jumat (6/8/2021).

1bl#ik-2/8/2021

Pemelaspasan dan Peresmian UPPO KTT Gembala Kecil yang letaknya sangat terpencil ini, disambut suka cita para petani dan krama subak yang telah bertahun-tahun menunggu turunnya “durian jatuh”. Seperti dikatakan Ketua KTT Gembala Kecil, I Ketut Sudana, menegaskan selama ini kelompoknya tidak bisa berkembang dengan baik. Namun setelah ada bantuan dari Made Urip yang didukung oleh Oka Antara serta Dewa Sugiarto akhirnya mendapat bantuan modal usaha senilai Rp200 juta untuk pengadaan hewan ternak sebanyak 9 ekor Sapi Bali, termasuk membangun kandang, hingga motor roda tiga dan bangunan permentasi pupuk kompos. “Kami sangat berterima kasih, khususnya Pak Made Urip yang telah turun langsung memberikan bantuan. Saya akan berusaha, agar Sapi Bali ini bisa terus berkembang,” tandasnya. Di sisi lain, Bupati Gede Dana mengakui dukungan dan perhatian Made Urip sangat tinggi memperjuangkan sektor pertanian di Karangasem, karena sudah bermiliar-miliar membawa bantuan kepada masyarakat, khususnya petani dan krama subak di Bumi Lahar. Apalagi selama kondisi pandemi Covid-19 ini, juga tetap terjun langsung membantu masyarakat yang terdampak. “Padahal varian baru Delta Covid-19 sangat berbahaya dan menyebar sangat cepat, sehingga saya meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan mengikuti intruksi dan himbauan pemerintah,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem.

1th#ik-10/5/2021

Ditegaskan, sesuai visi dan misinya terkait sektor pertanian ke depan akan mengembangkan dan menggarap lahan kosong yang tidak digarap dengan baik. Jika digarap dengan baik, maka dipastikan bisa dikembankan, namun saat ini masih terkendala pasokan air. Di hadapan Made Urip, mantan Ketua DPRD Karangasem itu, berharap ke depan bisa diprogramkan pipanisasi pertanian ke wilayah Abang hingga Kubu. “Saya sedang berjuang karena dampak Covid-19 anggarannya masih kurang, sehingga bersama Bapak Gubernur Bali (Wayan Koster, red) akan memperjuangkan persoalan air ini. Meskipun pandemi, tapi saya akan tetap fokus mewujudkan janji di sektor pertanian, sehingga kita akan terus meminta Pak Urip untuk membantu di sektor pertanian ini,” katanya. Sementara itu, Made Urip menyampaikan sangat siap membuka akses bantuan dari pemerintah pusat. Untuk itu, Anggota DPR RI terpilih lima periode dengan 255.130 suara terbanyak Dapil Bali dan ketujuh nasional tersebut, berharap KTT Gembala Kecil ini, bisa menjadi gembala besar. “Melalui bantuan yang kecil ini, agar menjadi stimulus mengggerakan ekonomi, termasuk menyelamatkan flasma nutfah Sapi Bali terutama Sapi Bali betina produktif harus benar-benar dijaga dan terus dilestarikan,” pinta Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini, seraya menegaskan pihaknya sempat menolak adanya usulan menjual semen beku Sapi Bali, karena ingin menyelamatkan populasi Sapi Bali, agar bisa dikembangkan dan dilestarikan bersama di Bali.

1bl#ik-21/7/2021

Salah satu upayanya melalui program UPPO di Karangasem yang dialokasikan sebanyak 4 unit selain KTT Gembala Kecil. Bantuan serupa juga diterima KTT Krya Santhi Desa Tri Buana, KTT Sari Jaya Desa Selumbung dan Eka Budi Desa Tianyar Tengah. Selain itu, juga digelontorkan bantuan aspirasi lainnya, seperti Alsintan (alat dan mesin pertanian) maupun P2L (pekarangan pangan lestari), meskipun akibat pandemi banyak anggaran di sektor pertanian dipotong untuk penanangan Covid-19. “Kita juga harus pola dan petakan sektor pertanian di Karangasem, misalnya di Kubu untuk ternak, dan hortikultura di mana bagusnya. Kita akan bantu melalui program di pusat. Karena sektor lainnya khusus di pariwisata sudah mati suri dan kita juga memiliki subak yang harus dijaga dan dilestarikan,” papar politisi asal Desa Tua, Marga, Tabanan itu, sekaligus mengajak bergerak bersama-sama, agar sektor pertanian bisa berjalan dengan baik, sehingga akan terus turun membantu para petani dan krama subak di Karangasem. “Saya datang membantu tidak semata-mata mencari suara, tapi ini komitmen bersama untuk membantu masyarakat, khususnya di sektor pertanian. Seperti di Kubu, karena agak kering butuh penghijauan melalui bantuan program Bang Pesona. Apalagi sebelumnya Bu Mega (Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, red) juga pernah mencanangkan program Gerakan Hutan dan Lahan (Gerhan) yang terbukti saat penghijauan di Gunung Kidul sekarang sudah sangat bagus. Bantuan ini bisa memberi akses petani untuk menanam apa saja. Karena itu, diharapkan program ini bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, agar bisa bekembang menjadi gembala besar ke depannya,” tutup M-U. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close