Pariwisata

Optimis di Masa Pandemi, Made Sada Dego Genjot Promosi Nusa Penida


Klungkung, PancarPOS | Bukan I Made Sada namanya kalau tak optimis menjalani hidup. Mengawali tahun 2021, pengusaha merangkap Kelian Suka Duka Banjar Legian Kaja yang akrab disapa Sada Dego itu melakukan perjalanan khusus ke arah tenggara Pulau Bali, yakni Pulau Nusa Penida. Pria rendah hati itu mengajak sang buah hati menelusuri pulau seluas 202,8 km² itu.

1bl#bn-7/1/2021

Menariknya, Sada Dego mengabadikan spot-spot menarik Nusa Penida dalam bentuk video. Ungkapnya, Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Kini, menjelma menjadi destinasi wisata favorit. Sebelum pandemi Covid-19, puluhan ribu wisatawan menyerbu Nusa Penida. Khusus umat Hindu, terangnya, tujuan utama ke Nusa Penida adalah sembahyang di sejumlah pura sakral.

“Kira-kira 10 tahun yang lalu, kalau kita berkunjung ke sini masih berupa pemandangan natural alam. Seiring perjalanan waktu, Nusa Penida menjelma destinasi pariwisata populer karena pemanfaatan sejumlah titik spektakuler di sana,” ucapnya.

1bl#ik-31/12/2020

Bukit Teletabis menjadi salah satu spot yang diabadikannya. Dipandu sejumlah warga lokal, Sada Dego menjelaskan di musim normal destinasi tersebut dipenuhi wisatawan karena menyuguhkan pemandangan luar biasa. “Di musim hujan akan sangat hijau. Dari sini pemandangan pantai juga sangat indah. Inilah salah satu objek di Nusa Penida. Mantap dan keren,” tandasnya mempromosikan.

Sada Dego juga mengunjungi sejumlah titik di Desa Batukandik, Bukit Mundi. Di sana sang pengusaha menanamkan investasi. “Ini luasnya sekitar 2 hektar. Bagi teman-teman yang mau join ayo! Di sini ada puncaknya. Bisa memandang laut Bali, terlihat juga Pura Puncak Temu,” ungkapnya. Sada Dego mengajak semua orang untuk optimis. “Siapa yang berminat ayo gabung. Nanti kita sharing. Kita kasi harga murah. Keren,” ungkapnya sembari menebar senyum manis.

1bl#bn-25/12/2020

Di hari terakhir kunjungannya, Kamis (7/1/2021) Sada Dego menulis status menarik di beranda media sosial facebooknya. Dia menulis sebelum bertolak ke Bali (sebutan khas masyarakat Nusa Penida bila kembali ke daratan pulau utama Bali, red), sempat juga mengunjungi The Most Popular Beach di Nusa Penida.

“Tak asing disebut Kelingking Beach. Menakjubkan, super keren. Kita diingatkan harus berhati-hati. Segala sesuatu yang terjadi adalah menjadi tanggung jawab pengunjung sendiri. Di sekitar Kelingking Beach ada Pura Mobil,” tulisnya.

Sada Dego juga mengabadikan keindahan surga di Diamond Beach dan Atuh Beach Nusa Penida. Tak lupa, sang pengusaha juga menghaturkan sembah bhakti. Salah satunya di Pura Ratu Gede dan Pura Penataran Dalem Ped. “Memohon keselamatan, kebaikan, dan kesuksesan. Hanya dengan sarana sederhana dengan membeli di warung depan pura,” ungkapnya. ija/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close