Ekonomi dan Bisnis

Jelang Galungan, Dinas Pertanian Bali Bersama Tim PKK Provinsi Bali Gelar Pasar Murah


Denpasar, PancarPOS | Dalam rangka Hari Besar Keagamaan Galungan dan Kuningan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berpratisipasi dalam acara yang diadakan oleh Persatuan Dharma Wanita Provinsi Bali dan Tim PKK Provinsi Bali melaksanakan Gelar Pangan Murah yang berlokasi di parkir barat depan gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali. Kegiatan Gelar Pangan Murah yang dilaksanakan selama dua hari dari 6-7 April 2021 dibuka oleh Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Ny. Putri Koster selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, bersama Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Ir. IB Wisnuardhana, M.Si. Dalam pembukaan juga dihadiri oleh Ketua Persatuan Dharma Wanita Provinsi Bali Ny. Widiasmini Indra beserta anggota Persatuan Dharma Wanita Provinis Bali. Hadir juga undangan dari Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Bali.

1bl-bn#7/1/2020

Dalam sambutannya Gubernur Koster menyampaikan Gelar Pangan Murah ini dilaksanakan menjelang Hari Besar Keagamaan khususnya Galungan dan Kuningan, diharapkan dapat membantu para UMKM baik yang bergerak di pangan maupun sandang, sehingga di masa pandemi ini bisa menggerakkan usaha ekonomi para pelaku usaha dengan terjadinya transaksi dari produsen ke konsumen. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan yang cenderung akan terjadi peningkatan permintaan dan berdampak terjadinya kenaikan harga-harga. “Untuk mengantisipasi hal tersebut maka para UMKM selaku produsen di hadirkan dalam Gelar Pangan Murah ini langsung dipertemukan dengan konsumen sehingga sama-sama menguntungkan,” jelasnya.

Selain itu, konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga pasar, pelaku usaha bisa menikmati keuntungan tanpa pedagang perantara. Peserta pasar murah dari pertanian yaitu petani-petani binaan dinas pertanian dan ketahanan pangan seperti UMKM binaan dengan komoditi beras, petani buah, petani sayur ,peternak penyuply daging segar dan produk olahan lainnya. beras disalurkan langsung ke konsumen oleh TTIC sehingga harga beras yang di jual di pasar murah di bawah harga pasar sesuai dengan yang di tetapkan pemerintah, demikian juga untuk harga produk lainnya. Kegiatan pasar murah adalah bentuk intervensi pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan khususnya menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional. Strategi pelaksanaan kegiatan pengamanan stabilitas pasokan harga pangan dilakukan melalui perbaikan distribusi dari wilayah produsen ke konsumen yang perlu dilakukan untuk mengatasi terjadinya gejolak harga pangan.

1th-ksm#5/2/2021

“Gejolak harga khususnya yang disebabkan oleh jatuhnya harga di produsen maupun meningkatnya harga di konsumen. Strategi berikutnya untuk memberikan akses kepada masyarakat agar memperoleh bahan pangan pokok strategis yang bermutu baik dengan harga terjangkau dan wajar, apalagi saat harga mulai meningkat,” jelasnya. ipo/ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close