Daerah

Gercin Badung Tanaman Mangrove Peringati Hari Lahir Pancasila


Denpasar, PancarPOS | Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) Badung menggelar pembersihan lingkungan dan penanam Pohon Mangrove di Pelanggaran, Pelabuhan Benoa, Selasa (1/6/2021). Kegiatan itu didukung Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gercin Bali dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021. Hal itu sebagai bentuk dukungan terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional.

1bl#ik-29/5/2021

Demikian disampaikan Ketua DPD Gercin Provinsi Bali, I Made Rai Wirata yang didampingi Sekretaris DPD Gercin Bali I Wayan Pasek Sukayasa dan Ketua DPC Gercin Badung I Wayan Hardika. Rai Wirata mengatakan, peringatan itu sebagai langkah mengisi kemerdekaan Indonesia dalam melestarikan lingkungan, terutama pohon Mangrove. Hal itu sebagai bentuk implementasi Pancasila, supaya mampu menjaga alam untuk masa depan anak bangsa. Pada kesempatan itu, pihaknya merasa sedih karena Pohon Mangrove yang mati di sekitar acara tersebut yang telah berumur ratusan tahun.

Padahal Pohon Mangrove memiliki manfaat yang besar untuk menjaga lingkungan. “Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar,” ujarnya. Sementara itu, Sekretaris DPD Gercin Bali I Pasek Sukayasa juga menyayangkan Pohon Mangrove banyak mati, sepatutnya dipulihkan kembali. Diharapkan juga, pemulihan Pohon Mangrove juga dilakukan oleh pihak-pihak yang mengakibatkan tanaman tersebut mati. “Jangan sampai setiap pembangunan merusak lingkungan hanya sebatas urusan bisnis, apalagi Bali memiliki Tri Hita Karana maupun Panca Yadnya, dimana acara itu sebagai bentuk implementasi,” kata Sekretaris DPD Gercin Bali I Wayan Pasek Sukayasa yang juga Wakil Ketua PHDI Bali.

1th#ik-10/5/2021

Sedangkan, Ketua DPC Gercin Badung Hardika mengajak masyarakat semakin peduli Pohon Mangrove karena memiliki manfaat semakin tinggi. Oleh karena, merawat Pohon Mangrove tidak mudah yang membutuhkan perjuangan yang besar. Memang pihaknya mengakui berlumpur-lumpur dalam penanaman, bahkan ada yang masuk lumpur kedua kakinya. Belum lagi, menumbuhkan Mangrove membutuhkan waktu yang lama, sehingga jangan sampai ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja merusak Pohon Mangrove. aya/ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close