Nasional

Pelindo Benoa Siapkan Terminal 4.767 Calon Penumpang Mudik Lebaran 2024


Denpasar, PancarPOS | PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Pelabuhan Benoa melakukan sejumlah persiapan guna mengantisipasi arus mudik tahun 2024, khususnya via jalur laut. Sejumlah langkah antisipasi tersebut meliputi penyiapan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan, hingga kesehatan bagi pemudik baik yang tiba maupun berangkat dari Pelabuhan Benoa. Sejumlah fasilitas tersebut diantaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, Posko Mudik Lebaran, ruang laktasi, penambahan cctv, counter check-in hingga petugas jaga guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

1th#ik-014.25/2/2024

General Manager Benoa, Agung Mataram menyampaikan untuk menyambut arus mudik lebaran tahun ini, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, agar arus mudik lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar. “Kami telah memastikan seluruh fasilitas umum seperti ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini,” ungkap Agung Mataram di Pelindo Benoa, pada Selasa (2/4/2024).

Jumlah pemudik via jalur laut berpotensi meningkat pada arus mudik lebaran tahun ini hal tersebut pasca ditambahkannya hari libur lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah. Namun, angka penumpang baik yang tiba maupun berangkat dari Pelabuhan Benoa pada mudik lebaran tahun ini berpotensi mengalami penurunan jika dibandingkan dengan angka penumpang pada mudik lebaran tahun 2023. Diprediksi angka penumpang pada mudik lebaran tahun 2024 ini, mencapai 4.767 penumpang atau turun 12% dari tahun lalu.

1th#ik-072.21/8/2023

Penurunan angka penumpang tersebut disebabkan salah satu kapal milik PT Pelni yang dijadwalkan sandar pada periode arus mudik lebaran tahun ini sedang melaksanakan docking atau perbaikan kapal. Sebelumnya arus mudik lebaran via jalur laut menjadi salah satu alternatif favorit para pemudik di Indonesia, Pelindo Pelabuhan Benoa sendiri mencatat setidaknya terdapat sekitar 5.448 penumpang yang hilir mudik melalui Pelabuhan Benoa pada mudik lebaran 2023.

“Walaupun jumlah penumpang tahun ini diprediksi menurun, kami memastikan memberikan layanan untuk pemudik tetap prima, kami juga terus berkoordinasi dengan stakeholder seperti otoritas pelabuhan dan perusahaan pelayaran,” pungkas Agung Mataram. ojo/ama/ksm

Baca Juga :


Back to top button