Olahraga dan Pendidikan

Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unud Gelar Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan


Denpasar, PancarPOS | Wawasan mengenai penatalaksanaan kegawatdaruratan terutama bidang kardiologi merupakan keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang dokter agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Berdasarkan kondisi tersebut, Departemen/KSM Ilmu Kesehatan Anak FK Unud/RSUP Sanglah menyelenggarakan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) IKA XXIII dengan mengangkat topik “Common Pediatric Cardiovascular Emergencies : Highlihths on Comprehensive Management in Cardiology, Intensive Care, Hemato-Oncology, Neurology, Neonatology, and Tropical Disease”.

Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes. yang hadir secara virtual dalam sambutannya menyampaikan Ilmu Kedokteran adalah ilmu yang terus berkembang dan dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi seorang dokter untuk terus melakukan update ilmu sehingga dapat melakukan pelayanan yang tepat, terbaru, dan terbaik kepada pasien.

“Menjadi seorang dokter juga berarti harus dapat menangani kegawatdaruratan dan yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan berpacu dengan waktu sehingga membutuhkan penanganan yang cepat dan akurat,”ujar Komang Januartha Putra.

PKB kali ini melibatkan subbagian kardiologi, pediatri gawat darurat, hemato-onkologi, gastrohepatologi, neonatologi, neurologi, dan infeksi tropis. Menurut Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak, dr. IB Gede Suparyatha, SpA(K)., tujuan diselenggarakannya PKB IKA XXIII diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan terutama dalam bidang kegawatdaruratan sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal, terpadu, serta akurat sesuai kompetensi seorang dokter umum dalam pelayanan kesehatan baik di tingkat komunitas, pelayanan, kesehatan primer, sekunder maupun tersier.

PKB kali ini turut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketua IDI Wilayah Bali, Ketua IDI Cabang Denpasar,  Ketua IDAI Bali, dan Koordinator Program Studi Ilmu Kesehatan Anak. jubir unud/*

Sumber: unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button