Olahraga dan Pendidikan

Wisuda ke-144, Unud Lepas 736 Wisudawan


Badung, PancarPOS | Universitas Udayana (Unud) melaksanakan  Wisuda Lulusan Ke-144 yang berlangsung secara hybrid kombinasi luring dan daring dengan titik lokasi utama berada di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Sabtu (30/10/2021). Jumlah wisudawan yang dilepas pada periode ini sebanyak 736 orang, dengan demikian jumlah alumni Unud yang ada sampai saat ini adalah 106.301 orang.

1bl#bn-13/7/2021

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP dalam laporannya menyampaikan wisudawan kali ini terdiri dari 3 orang program Diploma, 108 orang Profesi, 17 orang Spesialis, 504 orang Sarjana (S1), 88 orang Magister (S2) dan 16 orang Doktor (S3). Dari keseluruhan wisudawan kali ini 178 orang diantaranya meraih predikat Dengan Pujian atau Cum Laude. 120 orang wisudawan merupakan penerima beasiswa dari 24 penyedia beasiswa.

Wisudawan kali ini didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya 398 orang sedangkan wisudawan laki-laki hanya 338 orang. Dari sisi prestasi akademik, IPK wisudawan perempuan lebih baik dari pada laki-laki, dimana rata-rata IPK perempuan 3,69 sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,60. Masa studi rata-rata perempuan 7,7 semester sedangkan laki-laki masa studinya lebih lama yaitu 8,9 semester. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan akademik perempuan masih lebih baik daripada laki-laki.

Ik#1th-10/10/2021

Merujuk Permenristekdikti No. 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Profesi, Gelar, serta Cara Penuliasannya. PIN hanya diberikan kepada lulusan jenjang Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor. Universitas Udayana mulai menerapkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) sejak wisuda periode ke-139 tahun 2020.

Pada periode wisuda ke-144 ini, dari 736 wisudawan yang dinyatakan eligible PIN sebanyak 521 orang. Total PIN yang sudah diperoleh sampai saat ini sebanyak 3.148 atau 55,7 % wisudawan selama enam periode wisuda. Bagi yang belum memperoleh PIN masih menggunakan nomor ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas Udayana yang didaftarkan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). “Kedepannya, saya harapkan semua lulusan yang wajib PIN dapat 100% sudah menggunakan PIN pada penomoran ijazahnya”, ungkap Wakil Rektor.

1bl#ik-21/7/2021

Wakil wisudawan Ni Nyoman Sri Widiari dari Fakultas Pariwisata dalam pesan dan kesannya menyampaikan wisuda merupakan momen penting yang dinantikan karena sudah menyelesaikan pendidikan tinggi yang membutuhkan perjuangan dalam mencapai gelar akademik. Banyak kesan yang bisa dikenang selama menempuh pendidikan, dimana universitas memberikan ilmu untuk menyongsong masa depan lebih baik dan membentuk pribadi yang bertanggung jawab sesuai visi misi.

“Banyak hal yang telah digali dan mendapat pengalaman dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Kini saatnya kita menentukan arah kehidupan pada jenjang selanjutnya. Melalui kesempatan tersebut mewakili seluruh wisudawan, Sri Widiari juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen dan civitas lainnya yang telah membimbing hingga menyelesaikan perkuliahan,” ujarnya.

1bl#ik-5/3/2021

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU dalam sambutannya menyampaikan keberhasilan mewisuda 736 orang ini menandakan proses pelaksanaan Tridharma berjalan dengan baik walau masa pandemi Covid-19. Lebih lanjut Rektor mengulas mengenai potensi yang dimiliki Universitas Udayana dan mengajak seluruh civitas untuk bersama mengoptimalkan potensi yang ada sehingga pelaksanaan Tridharma juga optimal dan lebih banyak yang diwisuda serta inovasi yang dihasilkan juga semakin banyak. Kita juga harus mampu meningkat daya tarik kepada masyarakat dimana loyalitas masyarakat harus dibangun. Ketika sudah kuat kita berubah menjadi PTN BH sehingga mampu bersaing dengan PTN BH lainnya.

Wisuda kali ini merupakan yang kesembilan kalinya di masa pandemi yang berlangsung hybrid dan hanya dihadiri 16 perwakilan wisudawan yang merupakan wisudawan terbaik masing-masing Fakultas. Rektor berharap tahun depan wisuda dapat berlangsung seperti biasanya dan proses pembelajaran berjalan seperti sebelum pandemi. Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada Senat Akademik periode 2017-2021 yang akan mengakhiri masa tugasnya.

1bl-bn#15/6/2020

Kepada wisudawan Rektor menyampaikan bahwa ujian sebenarnya adalah setelah wisuda ketika berada di masyarakat dan diharapkan mampu survive untuk bisa sukses dalam berkarier dan memperkuat tempat institusi berkiprah nantinya. Rektor Unud mengakhiri sambutannya dengan sebuah kalimat motivasi “Sukses itu tidak ada rahasianya, untuk menjadi sukses tidak lain karena persiapan yang baik, kerja keras, dan selalu belajar dari kegagalan”. tim/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close