Hukum dan Kriminal

Tahanan Positif Covid-19, Ketua LBH Mahendradatta Apresiasi Pengeluaran dari Lapas Karangasem


Karangasem, PancarPOS | Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mahendradatta Ida Bagus Anggapurana Pidada S.H ,M.H yang juga Direktur Utama Purana Legal Center mengapresiasi rasa kemanusiaan dari Kepala Lapas Karangasem Jaka Prihatin, AMd. IP, S. Sos, M. Si yang memberikan kesempatan tahanan terdakwa IBGS (50) atas diduga menjual minyak urut yang belum lengkap ijinnya. IBGS kini positif Covid – 19 telah mendapatkan perawatan yang lebih baik di RSUD Karangasem, sejak Rabu (29/9). Sesuai dengan penetapan Nomor 73/Pid.Sus/2032/PN Amp. pada tanggal 27 September 2021. “Telah keluar penetapan hakim yang mengijikan terdakwa untuk bisa dirawat hingga sembuh di RSUD Karangasem,” ungkapnya.

1bl#ik-21/8/2021.

Saat ini advokat ini, bertindak selaku kuasa hukum IBGS seorang tahanan yang berdasarkan Undang-undang Kesehatan terancam ancaman kurungan 15 tahun penjara padahal hanya karena diduga menjual minyak urut yang belum lengkap ijinnya. “Setelah yang bersangkutan sembuh proses hukum akan dilanjutkan, ijinnya telah kami terusuri dan berkas-berkas sudah lengkap dan kami akan segera mengajukan bukti-bukti yang dapat membebaskan tahanan ini,” ujar Gus Angga. Ia berharap hak-hak tahanan wajib mendapatkan perlindungan karena belum terbukti bersalah berdasarkan keputusan hakim yang berkekuatan hukum yang tetap.

1bl#il-10/9/2021

Advokat muda ini secara aktif menuliskan jurnal-jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan perlindungan terdakwa. Sementara itu, Kepala Lapas Karangasem Jaka Prihatin membenarkan bahwa terdakwa sudah dibawa ke RSUD Karangasem untuk mendapatkan perawatan yang intensif. “Kami laksanakan pengeluarannya berdasarkan pelaksanaan penetapan, tersebut oleh JPU Pengadilan Negeri Amlapura,” ungkapnya. Sedangkan Kadis Kesehatan Karangasem Gusti Bagus Putra Pertama membenarkan bahwa terdakwa sudah mendapatkan penanganan di ruang isolasi RSUD Karangasem. aya/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close