Ekonomi dan Bisnis

Digitels Pangkas Pegawai Hotel di Bali, Klaim Pendapatan Naik Dua Kali Lipat


Denpasar, PancarPOS | PT Aplikasi Pintar Indonesia memberi penawaran inovasi baru untuk layanan akomodasi pariwisata berbasis berbasis teknologi dengan ekosistem digital 4.0. Aplikasi pertama di Indonesia, bahkan di dunia yang diciptakan oleh Ceo Digitels Budiman Tiandy itu, diberi nama “Digitels” yang mengklaim bisa menaikan pendapatan pemilik akomodasi hotel, termasuk villa maupun rumah kos hingga dua kali lipat. Bahkan mampu menurunkan biaya operasional, efisiensi staf yang memangkas jumlah karyawan (25-40% dari total karyawan), menggantikan sepenuhnya kunci/kartu, penghematan energi, waktu dan operasional, yang kesemuanya akan berkontribusi 10-30% pada pendapatan.

1bl#ik-29/5/2021

Untuk lebih memperkenalkan langsung keunggulan aplikasi ini kepada masyarakat, khususnya para owner akomodasi pariwisata di Bali digelar Pameran Aplikasi Digitels selama satu bulan di Trans Studio Mall (TSM) di Jalan Imam Bonjol, Denpasar. Saat ditemui, Sabtu (29/05/2021), Co Founder PT Aplikasi Pintar Indonesia (Digitel), Jeremy Fang menyebutkan Digitels yang kepanjangan dari “Digital Hotels” berangkat dari gagasan mengintegrasikan rangkaian layanan akomodasi pariwisata dengan sebuah aplikasi yang mudah diimplementasikan pada fasilitas yang diinginkan. “Inovasi kami ini merupakan startup pertama di dunia yang dapat mengubah sebuah hotel biasa menjadi smart hotel lengkap dengan aplikasi,” ujar Je sapaan akrabnya.

Lanjutnya, keunggulan Digitels terletak pada teknologi ‘smart digitels brain’ yang dapat diimplementasikan pada hotel, vila hingga kos-kosan melalui sistem yang terhubung, berjalan dan digunakan melalui aplikasi, serta Digitels akan membawa perubahan revolusioner pada sektor perhotelan, baik dari segi biaya operasional, efisiensi layanan, standar kesehatan dan keamanan, serta peningkatan GOP (Gross Operating Profit). Pemasangan E-system akomodasi pariwisata ini, katanya, sangat mudah dan praktis dan pemilik tidak perlu mengganti peralatan, furnitur atau piranti yang sudah ada. “Semua langsung aktif setelah terhubungkan dengan digitels brain,” jelasnya.

1bl-bn#7/1/2020

Sistem pengoperasian Digitels juga didukung fasilitas big data yang akan membantu manajemen menghemat budget secara signifikan. Dengan win win solution Digitels akan menyediakan database solid untuk setiap pemilik hotel (1 hotel 1 database) beserta supporting system diantaranya 4.0 Smart Booking Channel Manager (di mana channel system konvensional yang saat ini tersedia di pasaran akan menyita 1-5 % dari total revenue). Smart Housekeeping System, Smart Check IN/OUT System dan Smart Reservation System. Accounting and Finance System (mencakup Daily Sales Report, Online Inventory Movement & Cost Control) Restaurant Management System yang terkoneksi dengan E-kiosk, Marketing, Ordering System, Inventory Monitoring dll yang akan mempermudah operasional F&B.

Untuk aktivitas transaksi dan pembayaran, Digitels memiliki E- Wallet yang telah terkoneksi dengan payment gateway resmi seperti GoPay, OVO, Dana, dan online virtual banking di Indonesia. Sementara untuk reservasi dan pemesanan, Digitels telah menjalin kerjasama dengan Online Travel Agents (OTA) seperti Agoda, Airbnb, Traveloka, Pegi-Pegi, Tiket.com, dll.Ekosistem Digital 4.0 Sebagai Solusi Tatanan Baru. “Ekosistem digital 4.0 akan memberikan keleluasaan, kenyamanan serta pengalaman berbeda bagi tamu selama di hotel. Dengan teknologi dan system yang terintegrasi, aktivitas layanan hotel dapat berjalan contactless (tanpa kontak/sentuhan),” katanya.

1bl#ik-5/3/2021

Dengan aplikasi Digitels (yang tersedia dalam versi iOS dan Android), tamu dapat memperoleh akses sejak melakukan pemesanan (secara online), verifikasi kedatangan, bermalam hingga meninggalkan hotel (departure). Setelah pemasangan “Smart Digitels Brain”, setiap fasilitas kamar akan beroperasi dengan IOT system mulai dari akses pintu dengan APP, Face recognition, scan QR code, fasilitas pendingin ruangan, lampu, televisi, audio, dan tirai. “Fitur EMS (energy management system) menjalankan otomatisasi on/off saat tamu sedang tidak berada di ruangan,” tandasnya, sehingga sangat tepat diaplikasikan di era pandemi untuk menjamin semua orang tetap aman dan nyaman serta terbebas dari penyebaran Covid-19. “Digitels merupakan aplikasi yang bisa menjawab semua kebutuhan berbasis teknologi 4.0,” bebernya.

Je kembali menjelaskan, pengusaha hotel yang memakai teknologi dari layanan aplikasi Digetels ini sudah pasti banyak keuntungan yang akan diraih, bahkan bisa mencapai 100 persen atau dengan kata lain pendapatan menjadi dua kali lipat. Hal itu dilihat dari pola kerja sistem aplikasi Digitels yang bisa mencakup seluruh manajemen, bahkan aplikasi Digitels bisa diterapkan pada karyawan maupun pada customer yang menginap di hotel. “Dengan aplikasi Smart Hospitality Convention ini, hotel yang semula hanya sebagai hotel biasa bisa menjadi smart hotel, menghemat biaya operasional, menghemat waktu sehingga pengelola bisa fokus dalam peningkatan layanan, sehingga GOP melalui sistim bisa meningkat 100%, tanpa harus mengubah peralatan hotel yang ada,” jelasnya.

1th-ksm#5/2/2021

Tambah Jeremy, aplikasi Digitels sangat memudahkan transaksi tanpa harus kontak fisik langsung, artinya dengan aplikasi Digitels mampu menekan penyebaran virus Covid-19 pada tingkat hunian hotel. Sebab sistem kerja aplikasi dimulai dari proses check in, menghidupkan peralatan dalam hotel, menggunakan layanan hotel sampai pada proses check out semua sudah terintegrasi, sehingga memudahkan layanan hopitality baik tamu, pengelola, maupun staf cukup menggunakan HP berbasis android. “Penerapan sistim ke dalam aplikasi smart ini didukung dengan Smart Booking Engine, Smart Housekeeping System. Sehingga mengurangi kesalahan yang sering terjadi pada sistem layanan hospitality konvensional, seperti human error atau salah input data,” katanya, seraya menambahkan penerapan sistem pintar Digitels tidak saja bisa diterapkan pada hotel, tapi juga restoran, apartement atau villa, dan Smart System Digitels bisa memangkas biaya administrasi dan paperwork hingga 100%, dan electricity hingga 40%.

Lanjut Je, aplikasi Digitels bisa menghemat pembayaran listrik hingga mencapai 50 persen, karena aplikasi Digitels sendiri bisa mengontrol pemakaian listrik melalui handphone. Jadi ketika tamu menginap, yang sedang berpergian lupa mematikan listrik di kamar aplikasi Digitels mampu mengendalikannya dari jarak jauh. Tidak hanya itu saja, Digitels mampu mengendalikan stock barang secara otomatis, jadi ketika karyawan cuti untuk pengendalian barang bisa dilakukan secara otomatis. “Aplikasi Digitels mampu mencegah kesalahan operational sistem pada setiap departemen di hotel,” ungkapnya, seraya menambahkan, untuk implementasi semua sistem software dan hardware aplikasi pintar ini seluruhnya diberikan secara gratis. Namun untuk menjaga keberlangsungan kerjasama dan semua peralatan itu, pemilik hotel atau akomodasi pariwisata wajib menyetorkan security deposit sebesar Rp2,5 juta per kamar dan seluruhnya akan dikembalikan lagi setelah semua perlatatan dikembalikan dan kerjasama berakhir.

1bl#bn-11/5/2021

Untuk mendapatkan keterangan lebih rinci mengenai sistem aplikasi pintar Digitels ini, bisa mendatangi langsung stand Pameran Aplikasi Pintar Digitels di Lant 1 Trans Studio Mall (TSM yang berlangsung selama satu bulan sampai 27 Juni 2021. tim/tra/ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close