Daerah

DKLH Bali Minta Rencana TPS Bhuana Giri Lakukan Studi Tiru


Denpasar, PancarPOS | Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Bali I Made Teja meminta sosialisasi secara baik rencana Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) yang direncanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem. Hal itu disampaikan ketika adanya pro kontra masyarakat Bhuana Giri pro kontra terhadap rencana TPS, dimana sampah akan diolah menjadi bahan bakar refused derived fuel (RDF) atau solid recovered fuel (SRF) yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pencampur/cofiring batubara pada PLTU atau sebagai bahan bakar.

1bl-bn#7/1/2020

Teja mengharapkan agar adanya kajian dan studi tiru ke daerah yang sudah melaksanakan model tersebut. “Bila perlu komponen masyarkat diajak studi tiru ke daerah yang telah melaksanakan model ini,” kata Teja di Denpasar, Salasa (29/6/2021). Selain itu, pihak masyarakat harus mengubah prilaku mengolah sampah dari sumber. Sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat.

Sementara itu, Koordinator Kemitraan Bali Resik (Bali Partnership) Ir. Ni Made Widiasari juga mendukung penuh Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat. Upaya itu dalam mengtasi permsalahan sampah yang belum tuntas, keterlibatan masyarakat memiliki peran yang strategis. Rencana TPS Bhuana Giri model RDF/SRF, pihaknya belum melihat yang sudah diterapkan di Indonesia.

1bl-bn#15/6/2020

“Kita belum lihat contoh 1 kota yang menerapkan teknologi tersebut di Indonesia,” ujarnya. Sementara, sampah kita basah, perlu waktu untuk mengeringkan dulu, sedangkan sampah dari masyarakat terus masuk ke area. Begitu juga, dalam proses pembuatan Amdal agar masyarakat ikut melakukan kontrol untuk meminimalkan dampak lingkungan hidup. “Nah itu semua proses pembuatan Amdal & kontrol pelaksanaan harus dilakukan masyarakat sekitarnya,” pungkasnya. aya/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close