Pariwisata dan Hiburan

Didukung Kura Kura Bali, Kegiatan Bulan Bahasa 2024 di Kelurahan Serangan Berlangsung Meriah


Denpasar, PancarPOS | Kelurahan Serangan melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa Bali VI Warsa 2024 yang digelar di Kantor Kelurahan Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, pada Senin pagi (29/1/2024). Kegiatan Bulan Bahasa Bali kali ini, juga berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan. Lomba Nyurat Basa Bali bagi siswa SD, Lomba Ngwacen Lontar untuk sekaa truna, serta Mesatwa Bali untuk krama istri Ibu PKK untuk memeriahkan kegiatan yang didukung penuh oleh Kura Kura Bali di bawah naungan Badan Usaha Pengusul KEK PT Bali Turtle Island Development (BTID).

1th#ik-001.5/1/2024

Pada kesempatan itu, Lurah Serangan Ni Wayan Sukanami mengakui kegiatan yang dilakukan setiap tahun ini dimaksudkan untuk melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali di tengah masyarakat. Di samping itu, juga memberi ajang apresiasi kepada segenap warga yang berperan aktif melestarikan budaya Bali selama ini. Hal tersebut sejalan dengan amanat Peraturan Gubernur Bali (Pergub) Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan Dan Penggunaan Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali yang dirancang oleh Gubernur Bali, Wayan Koster saat itu.

[democracy id=”3″]

“Kegiatan ini setiap tahun ada dan dianggarkan dari kelurahan yang dimulai tahun lalu, karena sebelum hanya dari desa adat yang mengadakan,” katanya, seraya menegaskan seluruh pemenang lomba akan diadu di tingkat Kota Denpasar yang akan diadakan pada 3-4 Februari 2024. Dikatakan selama kegiatan Bulan Bahasa Bali ini disambut antusias oleh masyarakat, terutama anak-anak sekolah dan Ibu PKK se-Kelurahan Serangan. “Cuma yang agak susah mencari pesertanya untuk Lomba Ngwacen, karena bisa dihitunglah. Mungkin satu dibanding seratus yang suka ngwacen aksara Bali,” bebernya.

1th#ik-070.18/8/2023

Selain itu, diungkapkan kegiatan Bulan Bahasa Tahun 2024 di Kelurahan Serangan didukung oleh pihak PT BTID melalui Kura Kura Bali. Bahkan nantinya juga didukung untuk mengikuti kegiatan Utsawa Dharma Gita di tingkat kecamatan yang pesertanya dari desa adat. Di sisi lain, Deputy Head of Communication and Community Relations Kura Kura Bali, Zefri Alfarugy mengakui pihak BTID melalui Kura Kura Bali juga ikut mendukung kegiatan Bulan Bahasa Bali Tahun 2024 di Kelurahan Serangan. “Kita memang support kegiatan Bulan Bahasa Bali di Kelurahan Serangan. Kita mendukung dari pemberian hadiah, dan buget yang timbul dari penyelenggaraan,” ungkapnya.

[democracy id=”4″]

Ditegaskan kembali, ke depan pihaknya juga mendukung event lain, seperti Lomba Utsawa Dharma Gita yang dilaksanakan dan dikuti oleh Desa Adat Serangan. “Karena kita selalu apa yang dilakukan oleh Desa Serangan selalu kita support. Tujuan kami agar budaya Bali ini terus dilestarikan dan dipertahankan, termasuk Bahasa Bali ini. Karena Bali kan tourism destination yang banyak orang datang ke Bali, sehingga jangan sampai budaya Bali ini hilang. Kita juga harap Bahasa Bali itu juga nantinya masuk menjadi salah satu program kami,” pungkasnya. ama/ksm/kel

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button