Nasional

Bank BPD Bali Sabet Tiga Penghargaan TOP CSR Awards 2021


Jakarta, PancarPOS | Meskipun kondisi ekonomi tidak berjalan dengan baik, tidak menyurutkan langkah Bank BPD Bali untuk tetap berkarya dan mengabdikan untuk Bali dengan konsep Tri Hita Karana, hal ini dibuktikan lewat program CSR (Corporate Social Responsibilty) Bank BPD Bali menyabet tiga pengahargaan TOP CSR Awards 2021, yaitu Penghargaan TOP CSR Bintang Empat Bank BPD Bali, TOP CSR Program Penghargaan Pembangunan Ekonomi Daerah, Penghargaan TOP Leader, yang diterima langsung Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH., MH., yang diwakili Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan, IB Ary Wijaya Guntur. Ketua penyenggara TOP CSR Awards 2020, Moh Lutfi Handayani, yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 150 perusahaan finalis (dari 800 perusahaan – long list). Meningkat 25% dari tahun 2020 lalu yang sebanyak 120 finalis. Bahkan setiap tahun, TOP CSR Awards selalu diikuti oleh ratusan perusahaan.

1bl#ik-12/4/2021

Selain proses penilaian yang obyektif dan independent, setiap peserta mendapat banyak manfaat karena dapat terpacu serta terus belajar dan berusaha untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas program-program CSR-nya. “Tahun ini, ada 22 perusahaan yang meraih penghargaan rating / Level Bintang 5, naik 2x lipat dibanding tahun 2020 lalu yang hanya 11 perusahaan di level Bintang 5. Selain itu, banyak perusahaan yang naik ke Bintang 4 atau berhasil mempertahankan di level Bintang 4. Perusahaan yang di level Bintang 3, juga banyak melakukan improvement dan inovasi dibidang CSRnya,” paparnya Minggu (25/4/2021). Lutfi menegaskan, bahwa kegiatan tahunan TOP CSR Awards ini, tidak hanya sekedar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/ Community Development yang efektif dan berkualitas saja. Namun juga sebagai sarana pembelajaran Bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan.

1bl#ik-15/4/2021

Dalam wawancara penjurian, dewan juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta, untuk peningkatan kualitas CSR perusahaan ke depan. Selain itu, seminggu sebelum acara penghargaan, ada kegiatan edukasi Indepth Webinar: ISO 26000 SR, agar semakin banyak perusahaan-perusahaan yang beoperasi di Indonesia, dapat mengadopsi klausa-klausa dalam ISO 26000 SR tersebut. “Dan terlihat, dari tahun ke tahun, Program-program CSR perusahaan finalis, terus meningkat efektivitas dan kualitasnya. Manfaat tersebut yang menjadi salah satu daya tarik untuk mengikuti kegiatan TOP CSR Awards,” ungkapnya. Sementara Direktur Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma mengatakan penghargaan Top CSR yang di raih Bank BPD Bali merupakan bagian dari proses akuntanbilitas dan penjurian serta wawancara. Artinya pemberian penghargaan banyak tahapan yang dilewati, tidak semata-mata langsung menerima penghargaan.

1bl#ik#13/4/2021

“Penghargaan ini merupakan pembuktian dari Bank BPD Bali melalui program CSR dan CSR tersebut bermanfaat bagi masyarakat banyak dan pemerintah, dan pastinya kami kedepan akan terus meningkatkan program CSR kami,” ungkapnya. Lanjutnya direksi bank asal Desa Unggasan, Kuta Selatan ini mengakui penghargaan Top Leader yang jatuh ketangannya merupakan bentuk kerjasama seluruh Direksi dan Staff Bank BPD Bali. Tentunya pihaknya selaku Dirut memberikan implementasi rencana aksi keuangan berkelanjutan sesuai ketentuan OJK, serta mengikuti arahan pemerintah daerah tentang SDG (Sustainable Development Goals) tentang tujuan pembangunan berkelanjutan yang searah dengan Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang berkonsep Tri Hita Karana. “Kita Bank BPD Bali di awal tahun 2021 hingga bulan April sudah meraih 10 penghargaan, dan pastinya kita kedepan tetap berkomitmen membangun Bali dengan konsep Tri Hita Karana,” tegasnya.

1bl#ik-11/4/2021

Diketahui Sudharma, Penghargaan Top CSR Awards 2021 diberikan kepada sejumlah perusahaan terkemuka yang berasal dari berbagai sektor bisnis, di Hotel Raffles Jakarta, Ciputra World (22/4/2021). Tema yang diangkat oleh penghargaan tersebut untuk tahun 2021 ini adalah sebagai berikut: Peran Strategis CSR dalam Mendukung Keberlangsungan Bisnis yang Berkelanjutan di Masa Kenormalan Baru. Beberapa nama besar di bidang CSR muncul sebagai pemenang. Antara lain: Kideco Jaya Agung, Geo Dipa Energi, Astra Internasional, BCA, Dharma Group, Chandra Asri Petrochemical, ExxonMobil, Pupuk Indonesia, Bank Mandiri (Persero), Polytama Propindo, Petrokimia Gresik, Sasa Inti, Sharp Electronics Indonesia, Asmin Bara Bronang (Turangga Group), Indo Tambangraya Megah. Tidak ketinggalan Laznas BSM Umat, sebagai Penyelenggara CSR juga mendapat penghargaan. Selain itu, puluhan perusahaan terbaik, juga mendapatkan penghargaan TOP CSR Awards 2021.

1bl#ik-12/4/2021

“TOP CSR Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi (Komite Nasional Kebijakan Governance, Yayasan Pakem, Dwika Consulting, Lembaga Kajian Nawacita, Sinergi Daya Prima, Mitra Bhadra Consulting, Solusi Kinerja Bisnis, Indonesia Shared Value Institute, dan lain-lain). Penghargaan tersebut merupakan kesinambungan dari penghargaan serupa yang diberikan tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. tra/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close