Ekonomi dan Bisnis

Hasil Usaha Tetap Surplus, Koperasi Perempuan Ramah Keluarga Terbukti Eksis Selama Pandemi


Denpasar, PancarPOS | Menerapkan pola Pang Pade Payu atau sistem kebersamaan dan kekeluargaan, memicu Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) tetap eksis selama pandemi Covid-19. Bahkan, tidak pernah tinggal diam terus mengencarkan edukasi dan kegiatan bhakti sosial seluruh Bali menyasar langsung masyarakt terdampak pandemi Covid-19. Uniknya, kegiatan sosial KPRK tersebut, mengutamakan kualitas tanpa mengganggu keuangan internal (uang pokok iuran koperasi), sehingga dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRK 2021 sisa hasil usaha tetap surplus, karena berhasil meraup keuntungan Rp26 juta, selisihnya sangat tipis dari laba tahun sebelumnya sebesar Rp27 juta sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

1bl#ik-11/3/2021

Kinerja koperasi ini juga terbilang sangat dilirik oleh pelaku usaha, khususnya UMKM di seluruh Bali yang ingin bergabung. Terbukti di masa pandemi juga terjadi penambahan 126 anggota menjadi 358 anggota koperasi yang berasal dari berbagai kalangan, dimana pada lima tahun pertama mengajak para perempuan dan setahun berikutnya melibatkan para anggota perempuan maupun laki – laki. “Sebelumnya telah berhasil dilaunching re-branding KPRK 2020 dengan tag line Pang Pada Payu ditandai dengan pemotongan tumpeng, kini kita akan terus mengutamakan kualitas anggota koperasi,” ungkap Ketua KPRK Tini Rusmini Gorda di sela-sela RAT KPRK tahun 2021, sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun VI KPRK di Denpasar, Selasa (23/3/2021) sore.

1bl#ik-8/3/2021

Upaya tersebut dikatakan untuk menjamin keberlanjutan koperasi dan peninggkatan manfaat yang dirasakan oleh anggota. Bahkan komitmen yang diterapkan agar mampu menjaga pasar dan perputaran ekonomi sesama anggota berlandaskan semangat gotong royong Pang Pada Payu. “Konsep koperasi itu jalan sebauh organisasi bisnis bersifat sosial, secara normatif agar mampu memberikan kesejahteraan bersama,” ungkapnya, seraya menambahkan, metode pemilihan Pengawas dan Pengurus KPRK agar sudah bebas urusan finansial domestik (rumah tangga). Upaya ini untuk mencegah adanya gangguan, korupsi dan pengembangan KPRK lebih aman dan stabil. Ia juga mengatakan, transformasi mutlak dilakukan oleh penggerak koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

1bl#ik-12/3/2021

Dengan mengembangkan digitalisasi untuk mempermudah, pemanfaatan teknologi di bidang informasi. Termasuk mengamankan pelaku usaha dan konsumen dari paparan Covid-19. Menurutnya, peranan koperasi UMKM begitu vital dalam menyelamatkan ekonomi Bali dan dalam negeri. KPRK tetap mengimplementasikan UU yang mengatur koperasi, pada pasal 3 dinyatakan bahwa koperasi memiliki tujuan untuk mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian, koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat, serta membangun ekonomi nasional.

1bl-ik#10/3/2021

Adanya koperasi, kebutuhan anggotanya dapat diperoleh dengan mudah sehingga membuat kesejahteraan anggota meningkat yang secara langsung dapat memajukan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian Indonesia. Dalam mengembangkan koperasi Indonesia, Hatta membuat 7 prinsip operasional secara internal dan eksternal yakni (1) keanggotaan sukarela dan terbuka, (2) pengendalian oleh anggota secara demokratis, (3) partisipasi ekonomis anggota, (4) otonomi kebebasan, (5) pendidikan, (6) pelatihan dan informasi serta (7) kerjasama antar operasi serta kepedulian terhadap komunitas. Pada kesempatan itu hadir Pengurus KPRK Ni Komang Tri Ani, SE.,M.Agb, Kristiana Tri Riawati. Pengawas Desak Ketut Sulitri, Ni Komang Nila Adnyani, SH dan Dra. Ida Ayu Oka Sasih.

1bl#ik-10/3/2021

Hadir pula Manajer KPRK Dra. A.A. Rai Tirtawati, M.Si, Kepala Unit Simpan Pinjam Auguslinar Simamora, Unit Jasa Anna Stefani Wulan Permata Dewi, NS, Unit Diklat Defria Kirana. aya/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close